Diskominfo HSU Gelar Studi Tiru

DISKOMINFO HSU - Gelar Studi Tiru ke Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam rangka meningkatkan penerapan Aplikasu Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Lingkup Pemerintah Kabupaten (pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan studi tiru ke Daerah Istemewa Yogyakarta, Jawa Tengah (jateng).

Kunjungan studi tiru Tim Koordinasi dan Integrasi Aplikasi SPBE Pemkab HSU yang dikomando oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) HSU beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan mengunjungi Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kepala Dinas Kominfo HSU H. Adi Lesmana selaku Ketua Tim Koordinasi dan Integrasi Aplikasi SPBE Pemkab HSU mengatakan, kunjungan ini dalam rangka pembelajaran mengenai integrasi aplikasi SPBE, karena pada saat ini Kabupaten HSU masih jauh tertinggal.

“Kabupaten HSU masih jauh tertinggal dalam hal pengintegrasian aplikasi SPBE, oleh karena itu perlu pembelajaran dalam hal tersebut meskipun dalam keterbatasan.

Dipilihnya Kabupaten Gunung Kidul sebagai lokasi pembelajaran kali ini karena dinilai berhasil lebih dulu melakukan pengintegrasian, sehingga diharapkan bisa diterapkan di HSU,” ungkap Adi.

Seiring dengan itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunung Kidul Didik Handoko mengatakan, perkembangan SPBE tergantung dengan topologi suatu wilayah. Diakuinya, Kabupaten Gunung Kidul selama ini juga melakukan pengembangan SPBE dalam keterbatasan.

“Namun, keterbatasan itulah yang membuat kita berusaha keras untuk melakukan pengembangan SPBE di sini,” ungkap Didik.

Didik juga mengungkapkan beberapa capaian yang telah berhasil dilakukan oleh Pemkab Gunung Kidul melalui Dinas Kominfo dalam hal pengembangan SPBE, di antaranya penggunaan jalur fiber optik hingga ke kecamatan-kecamatan, menjadikan Diskominfo sebagai leader pengembangan SPBE di setiap SKPD, menerapkan infrastruktur TIK yang baik dalam upaya pembangunan menuju Smart City, serta memiliki akses semua SKPD dan mengumpulkan server menjadi satu untuk menunjang pengintegrasian.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Koordinasi dan Integrasi Aplikasi SPBE Pemkab HSU melakukan tanya jawab dengan Dinas Kominfo Kabupaten Gunung Kidul untuk menggali sebanyak mungkin hal-hal yang bisa diterapkan di HSU. (nov/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...