Emak-Emak Astambul Diminta Perannya Cegah Narkoba

Martapura, KP – Kaum ibu rumah tangga di Kecamatan Astambul diharap berperan aktif dalam pencegahan penggunaan dan peredaran narkoba di wilayahnya. Para ibu rumah tangga mesti mampu dan memahami bagaimana cara memperlakukan anak atau anggota keluarganya yang terpapar narkoba.

Hal tersebut diutarakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Aslam, pada Sosialisasi Pencegahan Peredaran Penggunaan Narkoba yang diikuti ibu-ibu PKK dan ibu rumah tangga di Kecamatan Astambul, Rabu (23/10), di Aula Kantor Camat setempat.

Menurutnya, ancaman narkoba bukan hanya di perkotaan, namun sudah merambah ke pelosok desa. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak juga ada yang menggunakannya. “Masalah narkoba ini terus berjalan dan bergerak sesuai zamanya, sehingga peran ibu sangat penting untuk membentengi anggota keluarganya,’’ jelas Aslam.

Camat Astambul Sirajuddin Ali berharap, para ibu peserta sosialisasi bisa benar-benar menyimak pemaparan dari narasumber. Dia berterima kasih pada Kesbangpol dan narasumber yang menyelenggarakan sosialisasi ini.

Berita Lainnya

Pilkada Jangan Jadi Ajang Penularan Covid

Raudathul Resmikan TK Alquran

1 dari 1.175
Loading...

“Kegiatan tersebut sangat bagus dan mohon untuk benar-benar disimak apa yang dijelaskan narasumber,’’ pesannya.

Sirajuddin berharap nantinya peserta, selain bisa memahami langkah apa yang perlu dilakukan jika ada anggota keluarganya terpapar narkoba, juga bisa menularkan pemahaman pada tetangga dan lingkungan sekitar.

Ketua Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Intan Banua Kalsel, Gandes Pratiwi yang menjadi narasumber menjelaskan, setiap hari paling tidak ada 50 orang meninggal karena narkoba dengan penderita terbanyak para pekerja. Setidaknya dari seluruh pengguna, 2,2 persen diantaranya merupakan remaja, pelajar dan mahasiswa.

Dia pun mengajak para ibu untuk menggeser pola pikir pada orang yang kecanduan narkoba. “Semula kita berpikir penggunanya adalah kriminal, padahal mereka adalah orang yang tengah sakit keras,’’ jelasnya.

Untuk itu perlu direhabilitasi dan terpenting mendapat dukungan dari keluarga serta masyarakat agar bisa menjauhi narkoba. Bila sudah sembuh, jangan kucilkan mereka. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya