Kosan Belakang FH ULM Diamuk Api

BANJARMASIN, KP – Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Banjarmasin dua kali berjibaku menjinakan kebakaran yang melanda bedakan atau kos-kosan di dua tempat berbeda, Selasa (29/10).

Pertama kali kebakaran terjadi sekitar pukul 07.36 WITA, di Jalan Tembus Mantuil RT21 Kelurahan Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Peristiwa ini tak ada menelan korban jiwa, namun kebakaran ini menghanguskan bedakan milik Mulyadi disewa oleh Nina, Paman Endek, Alek, Mama Oman, Asrani, dan Mus Mulyadi.

Selain rumah bedakan ada juga dua buah rumah yang ikut terbakar dalam kejadian ini yaitu milik Yusran dan Berlian.

Tak lama kemudian, kebakaran kembali melanda di Jalan Pangeran, Banjarmasin Utara tepatnya belakang Fakultas Hukum ULM.

Dalam peristiwa ini, kos-kosan yang kosong puluhan tahun milik almarhum Haji Murjani hangus tersisa rangka. Sebab, saat kejadian matahari terik dan derasnya hembusan angin membuat api dengan mudah meludeskan rumah kosan tersebut.

Kebakaran yang kedua ini, lagi-lagi anggota BPK Banjarmasin berdatangan dan berhasil memadamkan api yang cukup membesar ini. Meski sumber air sulit, dan hanya memakai air bercampur lumpur untuk disemprot.

Sehingga api cepat di lokalisir dan tak menyebar ke tempat lain. Dan dalam peristiwa ini tak ada menelan korban jiwa.

Tapi beruntung api dapat cepat dilokalisi.

Berita Lainnya
1 dari 941

Menurut keterangan Husaini, api tiba-tiba membesar dari rumah almarhum H Yusran. “Pada saat tiba-tiba api menyala dan cukup besar, lalu balik lagi dari pekerjaan yang berjarak hanya sekitar 30 meter, tiba-tiba api membesar diduga dari rumah milik H Yusran, api berkobar dengan cepat, dan saya tidak sempat menyelamatkan barang di dalam rumah saya,” ujarnya.

Sementara itu, Sahidah salah satu anak dari H Yusran, mengatakan, setiap pagi rumah ini memang kosong, karena ditinggal ibu berjualan di pasar. Akan tetapi, saat ditinggal semua lampu dimatikan.

Sedangkan dari keterangan Sakti salah satu mahasiswa Fakultas Hukum ULM Banjarmasin, saat kejadian sedang mengikuti perkuliahan.

“Mendadak ada api, kita langsung berhamburan ke luar dan sebagian memadamkan api yang juga turut membakar hutan kecil di belakang kampus, sambil menunggu balabantuan,” katanya.

Menurutnya api pertama kali terlihat dari sebuah bangunan kosong yang diduga bekas kos-kosan milik alhmarhum Haji Murjani.

Kapolsekta Banjarmasin Utara AKP Dodi Hariyanto, saat dikonfirmasi membenarkan kebakaran kos-kosan di belakang kampus FH ULM tersebut.

“Saat ini masih dalam penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran itu,” katanya.

Terpisah, Kapolsekta Banjarmasin Selatan AKP H Idit Aditya juga mengiyakan, satu bedakan dan dua rumah di kawasan Mantuil menjadi korban kebakaran.

“Untuk penyebab pastinya belum dipastikan dan kita masih melakukan penyilidikan lebih lanjut,” sebutnya. (fik/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya