Ops Zebra Intan 2019 Terapkan Penilangan Melalui CCTV

Banjarmasin, KP – Jajaran Polda Kalsel, mulai berlakukan Operasi (Ops) Zebra Intan 2019, dengan ditandai gelar pasukan Rabu (23/10).

Polda melalui Direktorat Lalu Lintas, selain penindakan di lapangan pelanggar lalu lintas, juga menerapkan sistim penilangan menggunakan pantauan yakni Elektronic Traffic Law Enforcement, atau penilangan melalui pemantauan CCTV.

“Penerapkan penilangan melalui pemantauan CCTV yang terpasang di sejumlah ruas jalan. Operasi dilaksanakan selama 14 hari ke depan,” kata Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani, yang memimpin gelar pasukan.

“Kita terapkan tilang melalui CCTV dan kita harapkan kesadaran masyarakat bisa terbangun tanpa ada petugas,” tambah Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol Muji Ediyanto.

Pada giat hingga 5 November 2019 mendatang, Ditlantas Polda Kalsel mewujudkan situasi lalu lintas yang tertib dan berjalan lancar.

“Tujuan operasi agar terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi yang rawan kecelakaan,” jelas Kombes Pol Muji Ediyanto, usai gelar pasukan.

Berita Lainnya

Dua Bedakan Hangus Terbakar

1 dari 863
Loading...

Operasi tersebut akan melibatkan ribuan personel gabungan TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Basarnas, Komunitas Motor Pelopor Keselamatan Berlalu lintas dan Pramuka.

“Operasi di beberapa titik ruas jalan di wilayah hukum Polda Kalsel dengan menyasar pengendara baik roda empat atau roda dua yang tidak memiliki SIM hingga tak menggunakan helm saat berkendara,” ujarnya lagi.

Sedangkan target pengguna motor yang tidak menggunakan helm standar Indonesia, pengendara roda 4 tidak memakai sabuk pengaman/safety belt.

Melebihi batas kecepatan, pengemudi kendaraan dalam pengaru alkohol/ mabuk, menggunakan Handphone saat berkendara.

Kemudian, pnengendara di bawah umur atau pengendara yang tidak memiliki SIM dan melawan arus lalu lintas.

“Seluruh stakeholder mempersiapkan antisipasi untuk meminimalisir akan potensi pelanggaran.

Mengingatkan ada beberapa sasaran prioritas penindakan yang berpotensi sebabkan kecelakaan,” ujarnya. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya