Pencairan Dana BOS 259 SD di Banjarmasin Capai Rp23,26 M

Bajarmasin, KP – Sebanyak 259 Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kota Banjarmasin sudah mencairkan dan menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang masing-masing siswa sebesar Rp800 ribu per bulan, dan sampai triwulan ketiga keseluruhannya mencapai Rp23,26 miliar dari total belanja yang direncanakan Rp40 miliar.

Hal ini membuktikan pendidikan dasar dalam rangka pemerataan akses pendidikan dan percepatan wajib belajar 12 tahun, pemerintah terus melanjutkan program BOS menjadi skala prioritas.

“Alhamdullilah pemerintah kota sudah menerima dana BOS untuk triwulan ketiga dan diharapkan triwulan ke empat ini bisa dicairkan sebelum Desember supaya kelanjutannya aman dan kembali dilanjutkan program BOS siswa pada 2020,’’ kata Kabid Pendidikan Dasar Kota Banjarmasin Drs H Nuryadie kepada awak media, Jumat (11/10).

Dana BOS merupakan alokasi dana pendidikan yang diteruskan melalui transfer ke daerah berupa dana alokasi khusus (DAK) non fisik. Adapun dana BOS dalam RAPBN tahun 2020 direncanakan meningkat dibandingkan dengan outlook APBN 2019.

“Hanya lewat pendidikan yang lebih baik kita dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi,’’ katanya.

Berita Lainnya
1 dari 1.820
Loading...

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pada tahun 2020 BOS menyasar 271 ribu sekolah, termasuk di Kalsel dan Banjarmasin, yang jumlah ini sama dengan 2019 sebanyak 271 ribu sekolah dan 270 ribu pada 2018.

Khusus untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah terus membahas sinkroninasi sistem pendidikan nasional. Salah satu sinkronisasi yang dilakukan, lanjut Sri Mulyani, adalah menyamaratakan kualitas pendidikan, kualitas guru, dan kualitas anggaran.

“Ini isu kebijakan sektor pendidikan yang perlu dibahas terus-menerus,’’ kata Sri Mulyani.

Kenaikan dana BOS pada 2020 ditujukan untuk peningkatan unit cost BOS Reguler dan perluasan cakupan sekolah penerima BOS Kinerja dalam rangka mendukung peningkatan hasil belajar siswa.

Selain itu dalam rangka penguatan kualitas kebijakan pengalokasian, dilakukan penataan data pokok pendidikan dan penajaman jumlah sasaran peserta didik penerima dana BOS Reguler.

Untuk 2019, realisasi dana BOS diperkirakan mencapai Rp49,84 triliun, meningkat 12,3 persen dibandingkan 2018 yang diperuntukkan bagi 47 juta siswa. Peningkatan terjadi karena kebijakan pengalokasian BOS Kinerja dan BOS Afirmasi. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya