Penghuni Lapas Antusias Ikut Pemeriksaan Kesehatan

PEMERIKSAAN KESEHATAN - Penghuni Lapas Kelas IIA Teluk Dalam Banjarmasin antusias menyimak dan mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh Biddokes Polda Kalsel. (KP/Ist)

Banjaramsin, KP – Pemeriksaan kesehatan, apalagi sebagai penghuni di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), tak ingin dilewatkan.

Itulah setidaknya antusias penghuni setempat ketika diadakan Bakti Kesehatan Polri, yang dilaksanakan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel), di Lapas Kelas II A Teluk Dalam Banjarmasin, Sabtu (12/10).

Itu bekerjasama dengan Perdoski Cabang Banjarmasin, dari RSUD Ulin Banjarmasin dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unlam.

“Ya, saya berterima kasih kepada Lapas Teluk Dalam Banjarmasin yang sudah memberikan kesempatan kepada kami untuk berbagi melayani masyarakat, khususnya bagi WBP,” kata Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr. Erwinn Zainul Hakim, MARS, M.H.Kes melalui Kepala Rumah Sakit Hoegeng Iman Santoso Bhayangkara Banjarmasin, AKBP dr Bambang Pitoyo Nugroho,Sp.S.

Apalagi dari target 100, ternyata jumlah peserta yang diperiksa ada 209 orang. Semua katanya, tak lain meningkatkan kualitas kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Tim pada bakti sosial ini pemeriksaan kesehatan dan terapi scabies atau penakit kulit. “Ini bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat.

Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini bukan hanya bagi WBP saja. Tapi juga untuk pegawai Lapas dan masyarakat umum, khususnya keluarga WBP dan keluarga pegawai,” tambahnya.

Apalagi lanjutnya, di Lapas belum ada tenaga dokter tetap, kesempatan ini sangat baik untuk tidak disia-siakan.

“Kedepannya kita akan terus berupaya memaksimalkan kesehatan WBP, yakni kontrol rutin kamar oleh petugas dan dokter agar bisa merubah mindset mereka dalam menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari berbagai penyakit,” jelas AKBP dr Bambang Pitoyo Nugroho.

Disela itu pula, penyuluhan kesehatan disampaikan dr Sukses Hadi,Sp.KK,FINSDV,FAADV (Ketua Perdoski Kalsel).

Termasuk penyuluhan mengenai Narkoba disampikan AKBP dr Bambang Pitoyo Nugroho.

Dan Plt Kalapas, Kusbiyantoro SH MH, juga ucap terimakasih atas kegiatan ini. Sementara itu salah seorang warga binaan mengaku terbantu dengan adanya dokter-dokter ini. Ia berobat karena ingin sembuh dari penyakit kulit gatal akibat Scabies yang dideritanya. (K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...