Angka Pelanggaran Lalulitas di HST 2019 Meningkat 20 Persen

Barabai, KP – Berdasarkan hasil dari Operasi Zebra Intan 2019 yang digelar selama 14 hari. Terhitung dari 23 Oktober hingga 5 November berapa hari lalu.

“Kenaikan di bandingkan 2018 lalu sekitar 20 persen,” ungkap Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo saat konfresi pers di Media Center Polres HST didampingi Wakapolres, Kompol Sarjaini, Kabag Ops AKP Aris Munandar dan Kasat Lantas, AKP Supriyatno, Rabu (6/11).

Dari data Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres HST, pada 2018 lalu sebanyak 731 pelanggaran lalu lintas. Untuk penilangan sebanyak 448 dan teguran sebanyak 283.

Sementata sejak digelarnya Zebra Intan 2019, sebanyak 880 pelanggaran lalu lintas. Angka itu terbagi dua pelanggaran yakni, penilangan sebanyak 757 dan teguran sebanyak 123.

“Untuk Jenis pelanggaran yang paling banyak dari surat menyurat seperti SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan seperti spion, tidak menyalakan lampu pasa siang hari. Yang lebih mendominasi surat menyurat,” terang Kasat Lantas, AKP Supriyatno.

Kasat lantas juga menambahkan, masyarakat di HST banyak yang belum memiliki SIM serta banyaknya STNK yang pajaknya tidak dibayar.

“Pajak termasuk dalam pasal pengesahan STNK. Orang yang tak mmbayar pajak otomatis STNKnya satu tahun tidak disahkan. Jadi kena pelangaran tilang berdasarkan Pasal 288 Ayat 1,” ungkap Kasat lantas.

Sementara untuk pelanggaran dengan jenis teguran dan tidak dikenakan penilangan berupa helm yang tidak di ‘klik’.

Sedangkan untuk angka kecelakaan di wilayah Polres HST pada 2018 tercatat 2 korban luka berat dan nol meninggal dunia. Sementara pada 2019, ada 1 korban meninggal dunia dan 1 korban luka ringan.

Kapolres menambahkan operasi ini, dimaksudkan untuk cipta kondisi menghadapi hari Natal dan tahun baru.

“Kedepannya kita akan melakukan Operasi Lilin Intan. Sasarannya sama seperti zebra yakni kelengkapan surat dan kelengkapan alat pendukung keselamatan,” kata Kapolres.

Dia menghimbau agar masyarakat tertib berlalu lintas dan jadilah pelopor dalam keselamatan berlalu lintas. (adv/ary/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...