Ansharuddin Buka Rapat Pembinaan Adipura Tahap 2

BUPATI BALANGAN - H Ansharuddin sampaikan sambutannya diacara pembukaan Rapat Pembinaan Adipura Tahap 2 tahun 2019, di Aula Benteng Tundakan kantor bupati, Selasa (5/11). (KP/Ist)

Paringin, KP – Pemerintah kabupaten Balangan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menggelar Rapat Pembinaan Teknis Adipura Provinsi tahap II tahun 2019 di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati, Selasa (5/11).

Rapat tersebut selain dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Musa Abdullah juga dihadiri sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab setempat serta dari Dinas Lingkungan Hidup provinsi Kalsel selaku narasumber.

Bupati H Ansharuddin menyampaikan, himbauan kepada instansi terkait yang menjadi titik pantau penilaian agar menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita bersyukur di Balangan ini memiliki semangat untuk mewujudkan lingkungan bersih bebas sampah tidak hanya dilakukan oleh jajaran pemerintah saja, tapi sudah ada uluran tangan dari sejumlah elemen masyarakat untuk berkontribusi mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan,” ujar bupati saat membuka rapat pembinaan adipura tahap 2.

Bupati mengatakan kebersihan lingkungan, kebersihan kantor dan kebersihan sekolah itu tidak menjelang penilaian adipura saja, tetapi harus menjadi kebiasaan sehari – hari. Apapun penghargaan yang diterima di pemerintah pusat tidak se euphoria penghargaan adipura, karena untuk mendapatkan penghargaan adipura ada peran serta keterlibatan masyarakat di lingkungan itu.

“Adipura itu memang suatu yang sangat dinantikan oleh masyarakat dan itu bukti adanya kerja sama pemerintah dengan masyarakat,” katanya.

“Alhamdulillah, dari tahun ketahun upaya kita membuahkan progres yang konsisten, tahun kemarin kita telah mendapatkan sertifikat Adipura, jadi perlu kita tingkatkan lagi agar pialanya yang kita dapat,” tandas bupati.

Disebutkannya, dalam arti luas konsisten itu adalah wujud dari komitmen untuk mewujudkan visi tentang SDM yang berkualitas, yang salah satu penunjang utamanya adalah aspek kesehatan, baik kesehatan diri, keluarga maupun kesehatan lingkungan.

“Pemeliharaan kualitas lingkungan sangat penting untuk mewujudkan Balangan yang maju dan sejahtera melalui pembangunan SDM,” katanya lagi.

“Terlebih, program Adipura adalah jalan menuju perwujudan kota yang bersih, sehat dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala LH Balangan Musa Abdullah menyampaikan, rapat hari ini merupakan rapat pembinaan adipura tahap 2 tahun 2019.

“Kita ingin mengevaluasi sejauh mana dan apa saja yang perlu dilakukan lagi untuk bisa mendapatkan piala adipura,” katanya.

Diakuinya, tahun kemarin kita (Balangan, red) sudah meraih sertifikat adipura.

“Dan rapat tadi kita mendatangkan narasumber dari LH provinsi Kalsel bidang persampahan,” pungkasnya.

Sementara, Beny Kabid Pengelolaan Sampah. Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan memaparkan tentang titik pantau dan poin-poin penilaian Adipura dan hasil penilaian tahap 1 Adipura 2019 untuk Kabupaten Balangan. (jun/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...