Di festival sepakbola “Paman Birin Cup”

Tim Pemprov Kalsel (kuning/jongkok) dan Tim Pemko, dalam laga kehormatan memeriahkan Festival Sepakbola Rakyat Paman Birin Cup 2019. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Para juara Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan berlaga di festival sepakbola “Paman Birin Cup 2019” yang diselenggarakan di Stadion 17 Mei Banjarmasin dari 7–10 November 2019.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel Hermansyah saat pembukaan ajang tersebut di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (7/11), ada sebanyak 26 tim adalah dari 13 kabupaten/kota yang berlaga, yakni, pada usia 13–15 tahun dan usia 17–25 tahun.

“Mereka para juara di daerah masing-masing, kemudian bertanding di tingkat provinsi memperebutkan piala Gubernur Kalsel,” ujar Hermansyah.

Ajang ini, ucapnya, sebagai upaya untuk pencarian bakat pesepakbola bertalenta daerah, khususnya yang masih usia muda.

Sebab, ungkap dia, permainan mereka dipantau klub sepakbola Barito Putera, klub liga 1 kebanggaan daerah Kalsel.

“Kita berharap ada pemain khususnya yang usia 13–15 tahun masuk tim Barito Putera junior nantinya,” papar Hermansyah.

Karena keinginan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau disapa akrabnya Paman Birin, ada pemain muda daerah ini yang masuk klub profesional, utamanya di Barito Putera.

“Masa, kata Gubernur Syahbirin yang sapaan akrabnya Paman Birin, mencari 11 pemain daerah yang baik saja sulit, harus diupayakan terus melakukan pembinaan hingga ke desa-desa,” paparnya.

Ketua Panitia Pertandingan, Yuyu Rachmad Mulyana menambahkan, festival sepakbola ini sebagai langkah pembinaan yang berjenjang dilakukan pemerintah provinsi untuk olahraga sepakbola daerah.

Pria yang menjabat Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel ini mengatakan, bahwa Gubernur Paman Birin sebagai pimpinan provinsi ini sangat perhatian terhadap olahraga sepakbola daerah, hingga menggelar banyak pertandingan untuk mencari bibit berbakat pemain daerah.

“Kita berharap pada pertandingan ini akan berlangsung secara sportif, hingga ditemukan tim yang terbaik di daerah,” pungkasnya.

Pada pembukaan festival sepakbola ini digelar pertandingan persahabatan antara tim Pemkot Banjarmasin yang diperkuat Walikota Ibnu Sina dengan penjaga gawang Kadispora Banjarmasin, Taufik Rivani, dan Tim Pemprov Kalsel yang mengandalkan Kadispora Hermansyah, Asisten Bd Administrasi Heriansyah dan Kabid Pembudayaan Olahraga Dispsora, Yuyu Rahmad.

Dalam laga kehormatan tersebut, Tim Pemprov menang 2-0, dari gol yang dicetak Edy Pep Susanto dari tendangan di luar kotak penalty, dan Mas Johan yang lolos dari kawalan pemain bawah Pemko, kemudian mengecoh kipper Taufik Rivani.

Dalam pertandingan hari pertama Kamis kemarin, untuk kelompok Under 15, Kotabaru kalahkan HSU 1-0. Balangan vs Tapin 3-0, Banjar vs HSS 2-1Tabalong vs HST 2-1. (ant/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...