DPMPTSP Dipegang Muryanta, Alfamart dan Indomaret Tak Akan Bertambah

Banjarmasin KP – Pemko Banjarmasin menghentikan perizinan penambahan retail modern Alfamart dan Indomaret sejak beberapa tahun yang lalu. hal ini dipertegas oleh Ir Muryanta selaku kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Menurut Muryanta, selama,dirinya menjabat sebagai kepala DPMPTSP, pihaknya tidak akan membiarkan adanya penambahan retail modern Alfamart dan Indomaret di Banjarmasin.

“Setidaknya ada ratusan retail yang sudah diberi izin dan jumlah itu baku, alias tidak ada penambahan lagi dari angka ini,” katanya.

Muryanta mengatakan sejak beberapa tahun yang lalu penambahan kedua retail ini sudah disetop, total jumlah terakhir retail modern ini terbagi menjadi 60 Alfamart dan 40 Indomaret.

“Alfamart 60 dan Indomaret 40, jadi letak mereka tetap disana, jika terjadi pindah tempat pun mereka akan kesusahan,” ungkapnya.

Mengenai susahnya pindah tempat, Muryanta beralasan akibat surat keterangan tanda usaha (SKTU) yang sifatnya baku soal penetapa letak. menurutnya jika terjadi pindah tempat maka harus mengurus perizinan dari awal lagi.

“Ini tidak mudah, karena mengurus perizinan kembali juga tidak mungkin, sebab sudah ditutup untuk perizinan jenis Alfamart dan Indomaret,” ujarnya.

“Selama saya masih disini, maka tidak adaa penambahan Alfamart atau Indomaret,” tegas Muryanta.

Bukan tanpa alasan, Muryanta merujuk terkait pelestarian usaha kecil dan usaha menengah masyarakat seperti kios dan warung yang tersebar di berbagai pelosok di Kota Banjarmasin.

“Kalau kita izinkan terus warung warung masyarakat akan tergerus, jadi kita harus perhatikan mereka,” katanya. (zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...