Katingan Sepakat Pilkades Serentak Damai

Tandatangani Kesepakatan - Seluruh calon kades menandatangani MoU kesepakatan bersama guna mematuhi seluruh tahapan pilkades dengan aman, sejuk dan damai.

Kasongan, KP – Dalam rangka menciptakan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) serentak di Kabupaten Katingan, maka digelar deklarasi damai dan penadatanganan momoradum of understanding (MoU).” Kegiatan ini guna menciptakan kesepakatan bersama untuk mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan pilkades secara damai, aman dan sejuk di Katingan, ” kata Bupati Katingan, Sakariyas dalam pidatonya saat deklarasi damai dan penandatanganan MoU, Kamis (31/10) di Gedung Salawah pemkab Katingan.

Dia mengharapkan, seluruh calon kepala desa (Kades) bersedia mematuhi dan melaksanakan segala peraturan perundang undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama selama pelaksanaan pilkades serentak.” Saya berharap para calon kades dapat menciptakan situasi yang kondusif dan bertekad siap menang dan siap kalah,”ungkap mantan kepala Bank Kalteng ini.

Kemudian, diketahui bersama sebanyak 76 desa di Kabupaten Katingan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak. Bagi calon Kades terpilih nantinya diharapkan untuk berlomba -lomba untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas diri misalnya mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas demi memberikan kontribusi yang maksimal dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.”Hal ini sangat penting agar kepala desa dapat maksimal dalam melaksanakan kinerja dalam mangayomi dan mensejahterakan masyarakat, yang bantu oleh perangkat desa yang lain.” ucapnya.

Bupati Sakariyas juga mengapresiasi kegiatan deklarasi damai dan penandatanganan MoU ini yang di gagas oleh pihak Polres Katingan. Agar penyelenggaran pilkades serentak tahun 2019 ini dapat berjalan aman, damai dan sejuk hingga akhir tahapan. ” Saya ucapkan terimaksih kepada pihak Polres atas inisiatifnya melaksanakan kegiatan ini,” tutur Bupati.

Dirinya juga menghimbau agar para calon kepala desa dapat mematuhi seluruh tahapan dalam pelaksanaan pilkades, serta diharapkan tak melakukan pelanggaran hukum baik pidana maupun perdata dalam kampanye atau tahapan pilkades tidak berbuat anarkis dan senantiasa menjaga kondusifitas selama pelaksanaan pilkades serentak ini.

Sementara Kapolres Katingan, AKBP E.Dharma B.Ginting, mengungkapka, dalam pelaksanaan pilkades serentak ini, pihaknya telah melakulan rencana operasi dengan kerarifan lokal, dengan sandi operasi mantap brata penyang hinje simpei, ” pengamanan pilkades serentak melibatkan 140 personil,” sebut Kapolres.

Selain itu, salah satu upaya yang dilakukan pihak kepolisian dalam menjaga situasi kondusif di daerah, yaki dengan melakukan kegiatan cipta kondisi (Cipkon) baik selama pra pilkades maupun pacsa pilkades, serta malakukan deklarasai damai sekarang ini dan penandatanganan MoU bersama seluruh stake holder yang ada didaerah.

Kegiatan ini pula, dihadiri seluruh Camat, Calon Kades, panitia pilkades dib13 Kecamatan se-Katingan, kepala OPD lingkup Pemkab Katingan, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, anggota DPRD Katingan dan Kapolsek Se-Katingan. (Isn K-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...