PDAM Programkan Peningkatan Pengolahan Air Baku

79

Banjarmasin, KP- PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin kini terus berusaha mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan agar tetap mampu memberikan jaminan pelayanan terbaik kebutuhan air bersih masyarakat kota ini.

Menyikapi tantangan itu PDAM Bandarmasih sudah menyiapkan sejumlah program. Untuk jangka pendek perusahaan daerah milik Pemko Banjarmasin ini berencana mengembangkan peningkatan pengolahan air baku.

Bahkan dalam rapat kerja dengan komisi II DPRD Kota Banjarmasin belum lama ini, Direktur Utama PDAM Bandarmasih , Ir H Yudha Achmadi mengatakan, diantaranya program yang dilaksanakan yaitu pengembangan air baku terhadap Intake Sungai Bilu yang saat ini dengan kapisitas produksi 500 liter/detik .

Menurutnya, pengembanganair baku pada Intake Sungai Bilu direncanakan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2020 dengan peningkatan 600 liter/detik dan 700 liter/detik pada tahun 2021 sampai 2022.

Kemudian pemasangan pipa transmisi air baku dari Intake Sungai Bilu ke IPA I Jalan A Yani yang pelaksanaannya sudah dimulai dari tahun 2019 hingga 2020 dengan diameter 630 mm sepanjang 1200 meter yang akan menelan dana sebesar Rp 15,8 miliar.

Selanjutnya pembangunan mulut intake dan penerjunan yang akan dilaksanakan tahun 2020 dengan biaya Rp 400 juta, pengadaan dan pemasangan pompa air baku lengkap dengan kelistrikan dengan tahun pelaksanaan 2021 sampai 2023 dengan biaya 1,05 miliar, serta memperogramkan pergantian genset Intake Sungai Bilu pada tahun 2021 dengan biaya Rp 2,5 miliar.

Yudha Achmadi mengungkapkan, seluruh sumber dana program dalam upaya peningkatan pelayanan akan kebutuhan air bersih tersebut seluruhnya dari PDAM Bandarmasih.

Lebih jauh ia menjelaskan, program pengembangan air baku pada Intake Sungai Bilu tidak lain dalam rangka memenuhi kebutuhan air besih untuk wilayah pelayanan dari IPA I A Yani yang kini terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk.

Terumata lanjutnya, untuk pelayanan wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat, Kecamatan Banjarmasin Utara dan sebagian Banjarmasin Tengah. Saat ini kata Yudha Achmadi, untuk Instalasi Pengelohan Air (IPA) sudah selesai dilakukan dengan penambahan kapasitas menjadi 100 liter/detik, sehingga total kapasitas IPA I A Yani sekarang ini menjadi 600 liter/detik.

Sementara kapasitas air baku masih 500 liter/detik, sehingga perlu dilakukan pengembangan terhadap kapasitas Intake Sungai Bilu untuk mengimbangi peningkatan kapasitas pengelohan di IPA I A Yani, demikian kata Dirut PDAM Bandarmasih, Yudha Achmadi. (nid/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...