Pelaksanaan Program Serasi HST Memuaskan

Barabai, KP – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Ir Syamsir Rahman mengapresiasi pelaksanaan Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang menurutnya sudah mencapai progres yang menggembirakan.

“Progres di HST sudah bagus,  ketersediaan lahan yang mampu diolah mencapai 65% atau 1 300 hektar lahan dari 2 000 hektar yang ditargetkan,” ujar Syamsir di sela kegiatan evaluasi progres Program Serasi bertempat di aula pertemuan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura HST, Selasa (12/11).

Pejabat teras di Pemprov Kalsel yang enerjik ini mengharapkan setidaknya kesiapan lahan tahun 2019 di HST akan mencapai 1750 hektar dari Terget semula 2000 hektar.

“Karenanya diperlukan percepatan tanam, pembuatan saluran air, penambahan tenaga kerja mengolah lahan untuk optimalisasi penanaman lahan menjadi indikator output program Serasi, minimal kesiapan tanam lahan di HST mencapai 1750 hektar,” ujarnya.

Ia meminta agar pemerintah daerah dan seluruh steak holder terkait untuk memperkuat dukungan koordinasi dan sinkronisasi demi keberhasilan program Serasi di HST.

“Bila hasil evaluasi pelaksanaan Program Serasi HST 2019 sesuai harapan, maka Pemprov komitmen 2020 program serupa akan kembali diluncurkan di HST,” tandasnya.

Selain itu, Syamsir mengingatkan kepada seluruh Unit Pengelola Keuangan dan Kegiatan(UPKK) Program, Serasi di HST agar bekerja secara benar dan sesuai aturan serta transparan kepada seluruh anggota kelompok yang terlibat dalam pekerjaan.

“Jangan sampai ada pekerjaan yang fiktif, tidak sesuai kenyataan di lapangan. Apabila dalam pelaksanaan terdapat kelebihan uang, bibit atau lainnya, dibanding luas tanam, maka cepat buat berita acara dan dikembalikan, agar tidak menjadi temuan inspektorat atau BPKP,” ingatnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura HST, H Misradi menyatakan bahwa jajarannya sampai dengan petugas penyuluh lapangan akan lebih memperkuat koordinasi dengan jajaran Kodim 1002, seluruh Koramil dan Camat empat kecamatan sebagai lokasi Program, Serasi di HST.

“Termasuk kita berkoordinasi  untuk menurunkan peralatan excavator dan TR 4 untuk percepatan pembukaan lahan,” katanya. 

Misradi menyebutkan bahwa luasan lahan Program, Serasi di HST tersebat di empat kecamatan, melibatkan 14 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)  dari 14 desa. “Kecamatan Labuan Amas Utara seluas 500 hektar, Haruyan 200 hektar, Pandawan 1200 hektar, dan Batang Alai Utara 100 hektar,” jelasnya. (adv/ary/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...