Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITATanah Bumbu

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Haul Akbar Kubah Pagatan

×

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Haul Akbar Kubah Pagatan

Sebarkan artikel ini
BUPATI TANBU – H Sudian Noor saat hadir di acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus Haul Akbar Kubah Pagatan ke 171 Mufti Syekh HM Arsyad Pagatan bin Mufti Syekh HM As’ad Al Banjari. (KP/Ist)

Batulicin, KP – Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus Haul Akbar Kubah Pagatan ke 171 Mufti Syekh HM Arsyad Pagatan bin Mufti Syekh HM As’ad Al Banjari digelar di Komplek Makam Kubah Pagatan, Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir, Selasa 19/11 malam. 

Haul Akbar diawali dengan pembacaan syair Maulid, Nasyid dan Tahlil. Setelahnya dilanjutkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Android

Pengasuh Pondok Pesantren Datuk Kalampayan Pagatan KH Abdul Gafar Siddiq dalam, manaqib Syekh HM Arsyad menyampaikan, meninggalnya Syekh HM Arsyad karena sakit yang dideritanya saat singgah dan berdakwah menyebarkan agama Islam di Pagatan. 

Kesinggahannya di Pagatan setelah mendatangi saudaranya yang menjadi Mufti di Kerajaan Kutai.

Setelah meninggal dunia, ia kemudian dikebumikan di tepi pantai Pagatan. Sebelumnya ujar Guru Gafar, Syekh HM Arsyad Pagatan adalah salah satu keturunan dari Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dari Martapura.

Dia dilahirkan sekitar tahun 1765 di Martapura, di usia mudanya ia bersama 4 saudaranya menuju Kota Makkah untuk menimba ilmu agama.

Selama kurang lebih 25 tahun menuntut ilmu dengan para guru dan syekh yang masyhur di Makkah, hingga ia juga dipercaya mengajar di Masjidil Haram. Setelahnya ia pulang dan menjadi Mufti Kerajaan Banjar dan dikenal dengan gelar ‘Mufti Lamak (gemuk, red)’. Urai KH Abdul Gafar Siddiq.

Acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus Haul Akbar Kubah Pagatan ke 171 Mufti Syekh HM Arsyad Pagatan bin Mufti Syekh HM As’ad Al Banjari ini dihadiri Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, unsur Forkopimda, Anggota DPRD Tanbu, pejabat SKPD, para habib dan ulama, tokoh agama serta masyarakat lainnya. (han)

Iklan
Iklan