Subehan Pastikan Silpa 2019 Turun Rp130 Miliar

BANJARMASIN, KP – Menyusul batas waktu penggunaan anggaran Pemko Banjarmasin tersisa sebulan lebih lagi. Sementara sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) ada sekitar Rp600 miliar dari semua sektor SKPD pengguna anggaran.

Bahkan apakah Pemko Banjarmasin tahun ini bisa menebus kegagalan daripada tahun lalu, karena Silpa sekitar Rp300 miliar. Apakah justru menambah Silpa, karena realisasi anggaran tidak tercapai.

Kepala Badan Keuangan Daerah, Drs H Subhan Nor Yaumil mengatakan, meskipun sisa waktu hanya sebulan lebih, Pemko Banjarmasin diyakininya bisa mengejar mengurangi Silpa.

Misalnya seperti Dinas PUPR Kota Banjarmasin, SKPD yang dipimpin Arifin Noor itu, saat ini tinggal menyelesaikan pembayarannya. Belum lagi, instansi penyerap APBD yang banyak.

“Kami yakin bisa mengejar Silpa itu bisa di kejar dengan sisa waktu yang ada,’’ tuturnya di Balai Kota Banjarmasin.

Subhan juga yakin banyaknya Silpa tersebut, Pemko Banjarmasin menarget Silpa tahun ini hanya sekitar Rp130 miliar saja. Artinya, Silpa tahun ini bakal lebih baik ketimbang dari tahun sebelumnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.747
Loading...

“Kami menarget Silpa Pemko Banjarmasin tahun ini hanya Rp130 miliar saja,’’ ujarnya.

Seperti yang sudah diberitakan, APBD Pemko Banjarmasin 2019 mencapai Rp1,7 triliun. Anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Zainal Hakim,

mewanti bila kenaikan Silpa benar-benar terjadi, itu sangat disayangkannya.

“Kalau Silpa naik sampai Rp300 miliar, artinya kinerja SKPD patut dipertanyakan,’’ ucapnya.

Meskipun data Silpa belum final, namun di sisa waktu sekitar dua bulan ini apakah bisa mengejar.

Diungkapkan, Silpa paling tinggi idealnya 10 persen dari Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD). Namun apabila sampai 20 persen lebih berarti ada yang permasalahan serius itu. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya