Wawali Launching Gallery “Kampung Sultan’’

KAMPUNG SULTAN - Wakil Walikota Darmawan Jaya membuka Branding Kampung Tematik sekaligus Soft Launching Gallery ''Kampung Sultan'' (Istimewa)
467

Banjarbaru, KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan beserta Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini dan Wakil Ketua TP PKK Eny Apriyati membuka Branding Kampung Tematik sekaligus Soft Launching Gallery “Kampung Sultan’’’ (Kampung Sulam Pita Tangan) Gang Keluarga RT 02/RW 01 Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kamis (28/11).

Hadir para kepala SKPD, camat, lurah se Banjarbaru. Pada kesempatan ini juga dilakukan Fashion Show Kreasi Sulam Pita Tangan dan Purun oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Banjarbaru Selatan.

Camat Banjarbaru Selatan Indra Putera mengatakan, asal muasal nama Kampung Sultan adalah sebuah Kampung Tematik yang dibentuk masyarakat dan Kelurahan Loksel, karena ada pengrajin sulam pita tangan.

“Jumlah pengrajin hingga saat ini mencapai 29 orang,’’ ungkapnya.

Wawali Darmawan mengatakan, bertambah lagi kampung tematik di Banjarbaru dan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan UMKM sulam pita program pemberdayaan masyarakat dana alokasi umum Kelurahan Loksel 2019.

“Dengan diresmikannya Kampung Sultan dan galeri ini, diharap ada keberlanjutan program pemberdayaan masyarakat,’’ pesannya.

Menurutnya, sulam pita tangan akan menambah khasanah kerajinan daerah kita, harapan kedepan kampung sulam pita ini menjadi salah satu potensi pariwisata yang diunggulkan. Peran ibu-ibu sangat luar biasa, pelaku ekonomi-ekonomi kreatif di Banjarbaru 57 persen adalah kaum perempuan.

“Kampung-Kampung Tematik di Banjarbaru bisa saja menghadirkan produk-produk kerajinan kampung tematik lain,’’ katanya.

Wawali menambahkan, saat ini ada 3 sektor unggulan industri ekonomi kreatif, seperti kuliner, fashion dan kerajinan. Kontribusi sektor tersebut diprediksi kian tinggi guna menopang perekonomian masyarakat.

“Diharap ketiga sektor unggulan tersebut juga berkembang di Banjarbaru, seiring pesona wisata setempat yang sekarang sedang digiatkan, yakni 3F, Food, Fashion and Fun,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...