Dishub Berlakukan Ujicoba U-Turn Depan RS Ulin Banjarmasin

BANJARMASIN, KP – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin berencana segera melakukan uji coba penutupan U-Turn (jalur berbalik) di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, Jalan Ahmad Yani Km 2 Banjarmasin.

Perubahan arus lalu lintas tersebut diberlakukan sosialisasi pada Senin (23/12) besok dan para pengguna jalan memutar arah menuju RSUD Ulin Banjarmasin.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Banjarmasin Febpry mengatakan, U-Turn RSUD Ulin pindah ke simpang tiga depan Hapeworld.

Pengguna jalan bisa menggunakan fasilitas publik itu lengkap diatur dengan lampu lalu lintas. “Kendaraan dari arah Km 6 yang akan berputar arah ke RSUD Ulin atau Duta Mall wajib mengikuti isyarat lampu,’’ ujarnya mengingatkan.

Berita Lainnya
1 dari 1.820
Loading...

Kemudian untuk kendaraan darurat seperti ambulans yang menuju ke RSUD Ulin bakal diberlakukan khusus. Dishub memperbolehkan kendaraan darurat tersebut bisa putar balik tanpa mengikuti isyarat lampu lampu lintas.

“Harus hati-hati, baik mobil ambulans dan pengguna jalan lain juga memberikan ruang untuk mereka lewat,’’ harapnya.

Dia menerangkan, pengguna jalan dari arah Km 1 menuju Km 6 harus mengikuti isyarat lampu lalu lintas. Bahkan kendaraan yang belok kanan menuju Jalan Kolonel Sugiono juga diberlakukan sama. “Semuanya boleh, asalkan ikuti isyarat lampu,’’ imbuhnya.

Ia menilai ketika kondisi terasa sudah nyaman digunakan oleh pengguna jalan, rekayasa lalu lintas tersebut bakal bersifat permanen. Waktu sosialisasi rekayasa lalu lintas itu paling tidak seminggu. “Kalau hasilnya bagus selamanya. Jika hasilnya kurang bagus kita evaluasi lagi,’’ katanya.

Untuk alasan rekayasa, ia menilai lagi jalur U Turn depan RSUD Ulin keseringan terjadi konflik karena pergerakan lalu lintas berubah menjadi pergerakan Simpang Tiga dan mengakibatkan kemacetan. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya