Dua Rumah di Kecamatan Cerbon Dibedah

BEDAH RUMAH – Di kawasan Cerbon. (KP/Ist)
587

Marabahan, KP – Safari bedah rumah terus bergulir. TP-PKK Barito Kuala (Batola) juga melakukan bedah rumah di Kecamatan Cerbon. Terdapat dua keluarga di wilayah itu yang beruntung terkena Bedah Rumah Sehat ala TP-PKK Batola.

Mereka adalah keluarga Muhammad Asnani (42) yang beralamat di Desa Badandan RT 05 dan keluarga Abdullah (46) yang berlokasi Desa Sungai Rasau RT 03. Kedua rumah ber-tipe 36 itu telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Jumat (20/12).

Peresmian yang ditandai pembukaan kunci oleh Bupati Hj Noormiliyani AS dan pengguntingan untaian melati oleh Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor ini juga disaksikan para pimpinan SKPD, Camat Cerbon Sya’rawi dan isteri Erma Rahayu, para anggota forkopimcam beserta isteri, para pimpinan dan pengurus organisasi wanita kabupaten, kecamatan, desa, para kades, serta berbagai lapisan masyarakat.

Muhammad Asnani yang hidup bersama isterinya Ernawati (40) dinilai layak mendapatkan bedah rumah karena selain tidak memiliki rumah layak huni, tidak memiliki pekerjaan tetap, serta memiliki tujuh anak. Walau pun satu di antara anaknya itu telah berkeluarga, satu sudah bekerja, namun masih terdapat lima anak yang masih bersekolah.

Demikian pula Abdullah yang hidup bersama sang isteri Salabiah (40) dan empat anak yang masih berusia sekolah ini dinilai sangat pantas mendapatkan bantuan rumah lantaran tergolong tidak mampu dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Selain bangunan rumah dan listrik yang berasal atas kerjasama Disperkim dan TP-PKK Batola, kedua keluarga juga mendapatkan 29 jenis perlengkapan rumah dan sembako seperti lemari pakaian, kasur, meja-kursi, gorden, beras, gula, dan lain-lain dari bantuan Dinas Sosial Batola.

Kedua keluarga juga mendapatkan ternak ayam bantuan Dinas Peternakan, tanaman RPL bantuan DPKP, televisi bantuan Dharma Wanita Persatuan, sepeda bantuan Disdik, perlengkapan sekolah bantuan Ketua TP-PKK Batola.

Sedangkan untuk acara peresmian, kedua keluarga mendapatkan Rp2 juta dari Disperkim, Camat dan Ketua TP-PKK kecamatan Cerbon Rp1,6 juta, Kades dan Ketua TP-PKK Sungai Rasau Rp5 juta, dan Kades se-Cerbon Rp1,4 juta. Dalam rangka persiapan peresmian, perangkat, warga, dan ibu-ibu desa melakukan gotong-royong.

Bupati Hj Noormiliyani AS selaku perintis Bedah Rumah ala TP-PKK Batola mengaku bersyukur atas berjalannya program hingga saat ini. Lebih-lebih setelah menyaksikan objek yang menjadi sasaran dinilai benar-benar layak dan sangat pantas.

“Alhamdulillah program ini bisa terus berjalan, mengingat masih banyak rumah warga di wilayah kita ini yang membutuhkan perhatian yang sama,” ucapnya.

Sementara kepada keluarga penerima, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu berpesan, untuk merawat rumah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Karena, lanjutnya, program yang digagasnya itu sesungguhnya bertujuan selain membantu warga kurang mampu dalam kepemilikan rumah juga untuk merawat kebersamaan, kegotong-royongan serta kesetiakawanan sosial di antara sesama.

“Saya terharu dengan kegotong-royongan warga saat ada bedah rumah yang semuanya menyisihkan waktu, tenaga, bahkan dana untuk membantu tetangga sekitar, ini yang saya rindukan,” pungkasnya.

Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor mengatakan, program Bedah Rumah Sehat ala TP-PKK Batola memang ditujuan untuk merubah nasib keluarga yang tidak mampu.

“Kami berharap dengan memperbaiki rumah para keluarga prasejahtera bisa fokus menata hidup yang lebih baik,” ucapnya.

Saras juga berharap melalui program dapat mendorong rasa kepedulian yang lebih tinggi kepada tetangga untuk saling membantu dan bekerjasama. (ang/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...