Pemkab HSS Syukuran Hari Jadi Ke-69

PEMKAB HSS - Syukuran dan doa bersama hari jadi ke 69 tahun. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengadakan syukuran sekaligus doa bersama masyarakat, dalam rangka Hari jadi ke-69 Kabupaten HSS, Minggu (1/12/2019) di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Sebelum pelaksanaan syukuran dan doa tersebut, Bupati HSS Achmad Fikry bersama istri, dan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad bersama istri, beserta rombongan mengunjungi stan seluruh SKPD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD.

Stan kuliner berjumlah 69, yang menyajikan 69 jenis kue dan masakan, mewarnai acara syukuran. Sajian kuliner khas daerah dengan menu utama ‘masak tuha’ dihidangkan gratis, untuk seluruh masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Masak tuha, adalah masakan khas yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Ada beberapa hal yang mendasari nama masakan tersebut, pada zaman dahulu pembuat masakan itu berusia lanjut atau bahasa banjarnya ‘orang tuha’, dan penyuka masakannya juga orang tua.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HSS memberikan bantuan sarung kepada perwakilan Panti Asuhan Budi Bakti Amawang, dan perwakilan ulama.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan hadiah pemenang lomba logo dan tagline hari jadi ke-69 Kabupaten HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten HSS dimulai dari Oktober sampai Desember, dengan konsep hari jadi dari, oleh, dan untuk masyarakat.

“Tagline kita adalah Ulama Umara Samupakat Gawian Babarkat Gasan Akhirat, ini merupakan tindak lanjut dari pencapaian visi kita untuk mewujudkan masyarakat HSS yang cerdas inovatif teknologis dan agamis untuk kebahagiaan dunia dan akhirat,” tuturnya.

Achmad Fikry mengatakan kegiatan ini bertujuan agar warga HSS dapat merasakan perayaan hari jadi dalam kebersamaan, dengan hidangan yang dinikmati disediakan gratis untuk masyarakat.

Syukuran tersebut turut dihadiri Forkopimda HSS, Kepala SKPD, Tuan guru Ahmad Syairazi, para habaib, alim ulama, guru agama, para undangan, dan seluruh masyarakat yang hadir. (tor/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...