PUPR Respon Cepat Robohkan Dua Baliho di Tengah Trotoar

Banjarmasin, KP – Memasuki penghujung tahun 2019, Baleho yang sempat viral dan mendapatkan kritikan warganet, akhirnya dibongkar Dinas PUPR Kota Banjarmasin.Hal ini merupakan respon cepat yakni dengan membongkar kedua baliho besar di Jalan A Yani Banjarmasin,

Bahkan pembongkaran dua baliho milik Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Bagian Humas Protokol Setdako Banjarmasin yang melintas diatas trotoar di perbatasan Jalan Achmad Yani Km 5 dan Km 6 langsung dipimpin Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Ir HM Arifin Noor, Rabu pagi hingga siang (18/12/2019).

Tanpa ada pengalaman dalam penurunan maupun pembongkaran, petugas PUPR Kota Banjarmasin juga sejumlah staf dari PJU dan mitra kerja yang berada di bawah naungan PUPR Kota Banjarmasin langsung dilapagan dan melakukan penurunan hingga pembersihan.

Selain Kadis PUPR yang langsung turun dilapangan diantaranya Kabid Pembangunan Trotor dan Jembatan Ir Chandra. Sebelumnya dua baliho yang memuat poster Walikota Ibnu Sina usai dilantik sebagai Ketua Askot PSSI Kota Banjarmasin oleh Ketua PSSI Kalsel H Supian HK berfoto bersama dengan Wakil Walikota H Hermansyah mendapatkan kritikan, karena menghalangi akses pejalan kaki, khususnya berada di guide block atau rute bagi kaum disibilitas tuna netra.

Bahkan kritikan warganet yang sempat viral di facebook itu, langsung dijawab Walikota Ibnu Sina dengan memerintahkan jajarannya untuk segera membongkar dua baliho yang melintang di tengah trotoar yang baru rampung dibangun pihak kontraktor itu.

Sebelum dibongkar, gambar yang terpampang di dua baliho itu pun dilepas. Proses pembongkaran pun langsung dikomando Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Arifin.

Berita Lainnya

Kapolda Dukung Gerakan Demokrasi

1 dari 1.023

Dengan menggunakan alat pemotong dan las, Dinas PUPR Banjarmasin pun menerjunkan satu unit mobil pickup serta alat berat untuk mencabut dua baliho yang terpasang cukup kokoh di tengah bornya badan trotoar.

Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Ir HM Arifin Noor mengatakan penerjunan personel untuk membongkar dua baliho itu berdasar perintah Walikota Ibnu Sina dan DPRD Kota Banjarmasin.

“Memang, tanggung jawab untuk pemeliharaan pembangunan trotoar di kawasan Jalan Achmad Yani dari Km 3,5 hingga kilometer 6, menjadi tanggungjawab kontrator PT Kelana Banjarmasin. Makanya, untuk baliho atau utilitas lainnya yang tidak bermanfaat segera dibersihkan dan ditertibkan,” kata Arifin Noor.

Menurut matan Kadis PU Tanjung ini, awalnya rencana pembersihan baliho dan utilitas yang ada di kawasan trotoar dilakukan pada akhir kegiatan pada akhir Desember 2019. Namun, Arifin Noor tak memungkiri sorotan warganet dan pemberitaan di media, hingga diviralkan menjadi salah satu pertimbangan.

“Namun, sebenarnya, bukan hanya baliho, semua yang menghalangi akses pejalan kaki harus dibersihkan. Karena kami berkomitmen untuk trotoar itu diperuntukkan bagi pejalan kaki,” tegas Arifin.

Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Tabalong ini mengatakan izin tayang dua baliho itu juga sudah berakhir, sehingga mau segera ditertibkan meski pun itu merupakan milik pemerintah kota sendiri yang pasti memang dipenghujung tahun 2019 ini ada rencana ditertibkan.

“Dua baliho yang ada itu tidak dipindah atau digeser tempatnya, tapi dibongkar. Ini merupakan komitmen kami untuk menyediakan trotoar yang nyaman bagi masyarakat. Jadi, bukan masalah berita itu viral atau diviralkan, karena semua bisa saja diviralkan,” demikian Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Ir HM Arifin Noor.(vin/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya