YABN – Forkopimca Tanta Lakukan Penanaman Bambu

Tanjung, KP – Yayasan Adaro Bangun Negeri bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong melaksanakan penanaman pohon bambu di sepanjang Sungai Mangkusip.

Camat Tanta Gusti Judid Ihsan Permana menyampaikan penanaman bambu betung bertujuan mengantisipasi erosi di sepanjang Sungai Mangkusip.

“Selain dukung revolusi hijau penanaman bambu untuk meminimalkan kikisan aliran sungai,” jelas Judid.

Bibit bambu betung bantuan YABN ditanam dengan melibatkan anggota Karang Taruna Dewa Ruchi dan Kelompok Tani Mekar Kencana. Kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tabalong ke – 54.

Berita Lainnya
1 dari 1.215

Judid menambahkan Sungai Mangkusip merupakan jantungnya Kecamatan Tanta.

Bambu betung ini dipilih karena memiliki batang yang besar dan akar serabut yang kuat sehingg dapat menahan tanah dari erosi atau kikisan aliran sungai.

Selain itu akar bambu betung juga bisa menjadi filter terhadap residu kimia di sungai.

Bibit bambu yang ditanam sebanyak 500 batang masing – masing 250 batang di Desa Tanta, 200 bibit di Desa Puain Kanan dan 50 batang di Desa Mangkusip.

“Targetnya tahun depan penanaman 1.000 pohon jenis lain untuk menjaga kelestarian dan ekosistem Sungai Mangkusip,” jelas Judid. (ant/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya