Bupati Buka Festival Kuda Lumping Kecamatan Takisung

Pelaihari, KP – Komunitas Paguyuban Jaranan se-Kecamatan Takisung menggelar Festival Kuda Lumping di Lapangan Sepak Bola Pantai Harapan Kecamatan Takisung, Selasa (31/12) lalu.

Pagelaran Kuda Lumping se Kecamatan Takisung tersebut pun dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Tanah Laut (Tala) H. Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 1.178
Loading...

Dari laporan Ketua Panitia Selamet, Festival Kuda Lumping ini bukan cuma diikuti oleh Paguyuban Kuda Lumping se Kecamatan Takisung melainkan juga diikuti oleh Grup Kuda Lumping dari Kecamatan lain di Kabupaten Tala serta juga ada Grup Kuda Lumping dari Kota Banjarbaru yang ikut meramaikan Festival tersebut.

Slamet pun mengatakan bahwa dengan Festival Kuda Lumping tersebut diharapkan menggalang kebersamaan dan persaudaraan dari Grup-Grup Kuda Lumping yang ada di Tala, “Ini adalah sarana untuk mempererat persaudaraan dan kebersamaan kita” ujarnya.

Bupati Tala Sukamta pun mengatakan bahwa kegiatan Festival tersebut sangat positif karena merupakan salah satu ajang untuk pelestarian kebudayaan Kuda Lumping yang menjadi salah satu warisan budaya milik Indonesia.

Bupati juga mengharapkan akan adanya akulturasi budaya dari Kuda Lumping yang berasal dari jawa dengan salah satu kesenian adat banjar ” Misalkan main kuda lumping tapi nanti musik penggiringnya panting. Itu akan menciptakan akulturasi budaya yang luar biasa” jelasnya. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya