Bupati Minta ASN Tingkatkan Disiplin dan Jaga Netralitas

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin serahkan bantuan tali asih bagi ASN yang Purna tugas. (KP/Ist)

Paringin, KP – Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar Upacara Hari Kesadaran Nasional yang secara rutinitas setiap bulan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Balangan, Jumar (17/01).

Dalam Upacara Hari Kesadaran Nasional pagi ini , Bupati Balangan H Ansharuddin selaku pemimpin upacara menyampaikan beberapa hal dan mengatakan bahwa, hari ini merupakan upacara hari Kesadaran Nasional yang pertama kali dilakukan tahun 2020.

Dikatakan kalau diawal tahun, adalah saat yang tepat untuk memulai sesuatu dengan resolusi baru, dengan komitmen baru, berjanji untuk berkinerja lebih baik lagi dibanding sebelumnya, resolusi dan komitmen diawali dengan membenahi birokrasi sebagai motor penggerak setiap aktivitas pemerintahan.

“Birokrasi saya ibaratkan sebagai perahu besar yang saya nakhodai, telah mulai bergerak untuk membawa masyarakat menuju satu tujuan bersama yang telah kita tetapkan yaitu Terwujudnya Kabupaten Balangan Yang Maju Dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia,” jelas Ansharuddin.

Mudah-mudahan dengan apel ini, kata Ansharuddin bisa memberikan kesadaran kepada seluruh aparatur agar dapat melayani masyarakat. paradigma pemerintahan saat ini menempatkan birokrasi sebagai abdi masyarakat dan abdi Negara.

Bupati juga menyampaikan, di awal tahun 2020 ini, ada beberapa tuntutan yang harus benar-benar dipenuhi. Yang pertama, merupakan bagian dari reformasi birokrasi, adalah mengenai kinerja dan kedisiplinan, yang akan disertai dengan pemberlakuan tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang didasarkan pada kinerja dan kedisiplinan tersebut.

“Di sini kita diuji, bagaimana sudut pandang kita. Apakah kita melihat perubahan ini sebagai masalah baru, ataukah sebagai peluang untuk menambah nominal penghasilan,” ujar bupati.

Berita Lainnya
1 dari 1.235
Loading...

“Jadi, penerapan e-kinerja dan TPP ini pada dasarnya adalah upaya untuk membawa kita menjadi aparatur yang lebih baik lagi, baik dalam hal kinerja, kedisiplinan, dan insya allah dalam hal penghasilan juga,” tambahnya.

Menurutnya, setiap perubahan dalam peraturan atau mekanisme apapun, tentu karena dilatar-belakangi oleh kekurangan pada peraturan atau mekanisme sebelumnya. Jadi, penerapan e-kinerja dan TPP ini pada dasarnya adalah upaya untuk membawa ASN menjadi aparatur yang lebih baik lagi, baik dalam hal kinerja, kedisiplinan, dan Insya Allah dalam hal penghasilan juga.

Hal kedua, di tahun 2020 ini merupakan tahun politik, khusus di Kalsel ada beberapa kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada, termasuk provinsi Kalsel pemilihan Gubernur.

Disini netralitas  terhadap politik praktis, adalah hal yang sangat disoroti oleh masyarakat dalam masa-masa seperti sekarang ini. 

“Jadi, kepada saudara-saudara, kami himbau untuk tidak ikut-ikutan berpolitik. Tetaplah fokus melaksanakan tugas dan tanggung jawab saudara, sesuai jabatan dan tupoksi masing-masing,” tegasnya.

Disebutkannya, setiap pemimpin tentu akan lebih memerlukan dukungan berupa profesionalitas dan kinerja yang tinggi dari para ASN. Karena, profesionalitas dan kinerja itulah yang akan diperlukan untuk mendukung pemimpin dalam mewujudkan visinya, menuntaskan misi-misi pembangunan yang diusungnya, yang semuanya dipersembahkan untuk daerah jua, untuk masyarakat jua.

Mengakhiri sambutannya mantan Wabup Balangan dua periode ini menekankan, semua yang disebutkan diatas tadi harus dilaksanakan di manapun berada. Bukan hanya di dunia nyata, tetapi juga ketika berada di dunia maya atau di medsos. 

“Bijaklah dalam berinternet, bijaklah dalam bermedia sosial. Sudah banyak contoh kasus permasalahan yang timbul dari ketidak arifan dalam bermedia sosial. Semoga kita tidak tergelincir di sana,” pungkasnya.

Usai apel Hari Kesadaran Nasional, orang nomor satu di Bumi Sanggam berkenan menyerahkan bantuan tali asih kepada beberapa ASN yang purna tugas dan meninggal dunia. Diketahui yang Purna tugas sebanyak 3 orang dan yang meninggal dunia ada 2 orang. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya