Cuaca Ektrem Hasil Tangkapan Nelayan Berkurang

BANJARMASIN, KP – Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya Banjarmasin, Rusdi Hartono kepada wartawan menjelaskan, pada musim ini cuaca ektrem agar seluruh kapal-kapal penangkap ikan untuk berhati-hati untuk melaut.

Pasalnya, berdasarkan data BMKG menyatakan, tinggi gelombang laut sudah mencapai 3 meter sampai 4 meter agak berbahaya bagi kapal-kapal pencari ikan banua di laut.

Rusdi, mengakui, pada cuaca ektrem seperti ini ada pengaruh besar, banyak kapal nelayan menepi tidak melakukan penangkapan ikan.

“Memang terjadi penurunan produksi ikan laut, hari ini hanya ada 3 kapal kafasitas 10 sampai 20 ton saja yang tambat harga ikan laut ada kenaikan sekitar 5 persen sampai 10 persen,” ujar Rusdi di ruang kerjanya di Banjarmasin.

Seperti ikan peda atau kembung dijual Rp 32 ribuan biasanya hanya Rp 29 ribu per kilogram, tongkol sisik Rp 25 ribu dari Rp 22 ribu per kilogram, sedangkanikan untuk lajang Rp 15 ribu perkilogram dari Rp 13 ribu perkilogram.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Dikatakan, memang sebenarnya stok ikan cukup-cukup saja, karena ditempatnya penyimpanan ikan mencapai 60 ton, sekarang isinya ada 40 ton dan di kapal sendiri ada 20 ton.

“ Memang cuaca ektrim seperti ini tidak bisa ditebak, kadang-kadang datang mendadak bahkan BMKG sudah menyatakan gelombang mencapai 3 meter sampai 4 meter agak berbahaya,” sebutnya.

Pengiriman ikan laut tetap jalan sampai ke Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah sedangkan ke Pontianak belum bisa, ditempat kita dermaganya mampu menampung 15 kapal 10 GT keatas,” jelasnya.

Rusdi mengimbau dalam keadaan cuaca ekstrim para nelayan agar berhati-hati karena kondisi gelombang tinggi, bahkan pihaknya sudah memberitahukan sebelum kapal-kapal berangkat meninggalkan pelabuhan Banjar Raya.

Sarjo salah satu nelayan asal Kotabaru kepada wartawan menyampaikan, memang dalam minggu-minggu ini hasil tangkapan ikan laut teman-teman nelayan mulai berkurang sehubungan cuaca ekstrem akhir-akhir ini. (hif/k-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya