Jaminan Jamkrida Capai Rp2,7 Triliun

Banjarmasin, KP – Keberhasilan yang sangat luar biasa PT Jaminan Kredit Daerah milik urang banua (Jamkrida) Kalimantan Selatan sejak bulan Januari hingga Desember 2019 sudah mencatatkan sejumlah hasil positif dengan beberapa pencapaian yang sangat membanggakan.

Berdasarkan realisasi penjaminan dari bulan Januari sampai Desember 2019, untuk nilai penjaminan saja sebanyak Rp 2,7 triliun lebih dengan jumlah yang dijamin 35.000,000 UMKM, sedangkan tenaga kerjanya terserap sekitar 60.000,000.

Hal ini dikatakan Direktur Jamkrida Kalsel Suyanto kepada wartawan dikantornya, Kamis.

“ Alhamdulillah sepanjang tahun 2019 tadi kita sudah melebihi target dalam semua bisnis penjaminan sedangkan untuk rugi labanya belum kita bukukan,” sebutnya.

Dikatakan, dengan kondisi ekonomi saat ini memang untuk klaim-klaimnya naik hingga 4 kali lipatnya jika dibandingkan tahun 2018 lalu namun secara bisnisnya target kinerja penjaminnya dibanua ini meningkat

Paling banyak yang dijaminkan kredit paling banyak usaha kecil atau UMKM mikro, disamping kredit konsumtif.

Berita Lainnya
1 dari 450
Loading...

“ Kami harapkan 2020 ini penjaminan kita akan semakin banyak lagi penyertaan modal dari pemerintah bisa disetujui DPRD karena akan semakin banyak UMKM yang bisa kita jaminkan,” ungkapnya.

Pihaknya kemaren meminta sekitar Rp 130 miliar sesuai anggaran dasar perusahaan sesuai Perda terdahulu tahun 2012 modal dasar perusahaan sekitar Rp 200 milar saat ini kita memiliki Rp 70 miliar masih memerlukan Rp 130 miliar lagi sesuai hasil kajian akademis.

“ Kita harapkan tahun 2020 bisa selesai penyertaan modal kita bisa terealisasi segera, sehingga bisa menutupi biaya pembayaran klaim kepada konsumen,” sebutnya.

“Karena meningkatnya volume klaim UMKM, kami perlu juga minta suntikan dana segar Rp 130 miliar yang dilakukan secara bertahap,” tambahnya.

Mudah-mudahan nantinya hingga akhir tahun 2020 nanti, Jamkrida mampu melebihi target penjaminannya apalagi sekarang ini jumlah volumen penjaminan kredit sudah semakin meningkat sekali, khususnya bagi

usaha kecil atau UMKM di banua ini sehingga mereka bisa naik kelas. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya