PD PAL Kini Miliki Laborat Mandiri

298

Banjarmasin, KP – Upaya PD Pengelolaan Air Limbah yang sesuai standar dalam pembuangan terus diupayakan. Bahkan akhir 2019 perusahaan milik Pemko Banjarmasin ini membangun Laboratorium Mini yang mandiri dan letaknya dibagian samping kiri bagian Depan.

“Pertimbangan pembangunan Laborat ini setelah salah satu stap pulang tugas belajar masalah pengelolaan air limbah dari Amerika selama dua tahun,’’ucap Direktur PD PAL Kota Banjarmasin H Rahmatullah kepada awak media, Selasa (14/01/2020).

Pembangunan Laborat ini sebenarnya, lama direncanakan. Namun sehubungan masih belum ada petugsas yang menangangi khusus akhirnya, begitu salah satu karyawannya yang fokus menangani Laborat air limbah akhirnya PD PAL tinggal merealisasikan.

Diakui memang selama ini pengujiannya sudah ada tetapi Laborat khusus seperti sekarang baru ada di perusahaan setelah dibangun sejak 2019. “Kini Laborat tersebut setiap hari mengontrol semua air pembuangan yang dihasilkan di setiap Istalasi PD PAL termasuk disamping DPRD, Sungai Andai, Kayu Tangi, Basirih, Sultan Adam hingga di pusat kantor Pasar Pagi sendiri,’’papar mantan Direktur Umum PDAM Bandarmasih ini.

Salah satu karyawan yang menangani Laborat PD PAL Aulia mengatakan pembangunan Laborat yang dilakukan PD PAL merupakan wujud kesungguhan dalam memastikan bekas air limbah sebelum dibuang di sungai harus sesuai strandat agar tak menganggu siklus kehiduapan di dalam air.

“Buktinya semua aliran air di PD PAL banyak ikan yang hidup dengan begitu membuktikan air yang bekas limbah yang dibuang dan dialirkan 10 Liter /detik ini dipastikan aman untuk lingkungan dan tidak mengangandung bahan2 yang berbahaya,’’ucap Rahmatullah lagi.

Bahkan perusahaan milik Pemko yang dikenal merugi ini sampai sekarang dengan keterbatasan yang dimiliki mengembangan perusahaan air limbah dengan kemampuan, dan berharap bisa membantu menyelamatkan lingkungan warga Kota Banjarmasin.(vin/KP0-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...