Terapkan Layanan Terintegrasi, Antrean di Dukcapil Terkendali

Martapura, KP – Antrean warga yang datang mengurus pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Banjar seakan tak pernah habis. Kursi yang disiapkan selalu penuh, bahkan tidak sedikit yang terpaksa berdiri menunggu nomor antreannya dipanggil.

Namun sejak Dukcapil Banjar memberlakukan layanan terintegrasi terhadap semua loket layanan, antrean relatif bisa terkendali. Daftar tunggu tidak sebanyak sebelumnya.

“Kalau dulu loket dipisah. Jadi, sekarang warga yang mengurus bisa dilayani di satu loket tanpa harus kesana kemari,’’ ujar Kadis Dukcapil Azwar SH, kemarin.

Dia pun menjelaskan keunggulan layanan all in one ini. Melalui terobosan tersebut, antrean dapat diurai karena pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien. Staf pelayanan loket juga telah dibekali kemampuan untuk menangani semua jenis layanan.

“ Antrean pun dibatasi hanya sampai 135 warga. Kalau kuota mencukupi, loket pendaftaran untuk mengambil nomor antrean otomatis ditutup untuk hari itu. Setiap hari maksimum 135 warga. Itu pun petugas pelayanan siap bekerja sampai sore,’’ tandasnya.

Azwar juga tidak menampik jika pihaknya membutuhkan tambahan tenaga. Setidaknya sampai 100-an pegawai. Tenaga yang dimiliki baru 60 orang. Honorer 45 untuk administrasi dan pelayanan, sedang ASN cuma 20 orang.

“Ini belum lagi yang ditempatkan di UPT. Jadi saat ini memaksimalkan yang ada dulu,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...