Bupati HSS Buka Musrenbang Kecamatan Daha Barat

Daha Barat, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) membuka musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) 2021 tingkat Kecamatan Daha Barat, Selasa (4/2/2020) di gedung serbaguna kantor Kecamatan Daha Barat.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, Musrenbang merupakan tahapan dari proses perencanaan yang harus dilalui, sebagai sebuah mekanisme perencanaan yang diatur undang-undang.

Setiap usulan ucapnya, tidak boleh tidak selaras dengan kebijakan pemerintahan di atasnya.

Diterangkannya, usulan harus selaras dan bersinergi agar kebijakan pusat, provinsi, dan kabupaten, sampai ke desa dalam satu link, saling mendukung, saling menunjang satu sama lain.

“Kita lihat ke depan, mudah-mudahan dari usulan baik ekonomi, sosial, budaya dan infrastruktur bisa diakomodir di tahun 2021,” ucapnya.

Achmad Fikry mengingatkan, usulan di musrenbang harus muaranya ke dokumen RPJMD 2018-2023, yang dokumennya telah disetujui DPRD dengan peraturan daerah.

Berita Lainnya
1 dari 1.202
Loading...

“Inilah acuan dan payung untuk membangun lima tahun kedepan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Camat Daha Barat Syamsuri mengucapkan terimakasih pada Pemkab HSS, atas realisasi program yang telah dilaksanakan di 2019.

Syamsuri berharap, 2020 ini lebih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan di Daha Barat. Ditambahkannya, diharapkan usulan pembangunan 2021, juga lebih banyak lagi bisa direalisasikan.

Camat Syamsuri mengungkapkan, pada Pra-Musrenbang, berdasarkan hasil pengolahan data indeks desa membangun 2019, sebanyak 12 desa yang ada di HSS yang bestatus tertinggal, 7 diantaranya ada di Kecamatan Daha Barat.

Artinya terangnya, seluruh desa di Kecamatan Daha Barat sampai 2019, hasil pengolahan data IDM masih berstatus tertinggal.

“Mulai 2020 ini, khusus untuk APBDes kita arahkan supaya bagaimana status bisa meningkat. Mudah-mudahan sesuai target misi-visi RPJMD 2018 -2023 sehingga meningkat menjadi desa maju,” tuturnya.

Musrenbang tersebut dihadiri anggota DPRD Dapil III wilayah Daha, para asisten, para Kepala SOPD, Forkopimcam, Tokoh agama, Kepala Desa, delegasi desa, Forum Anak Daha barat, dan seluruh undangan. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya