Daerah Nonpenghasil Minerba juga “Kecipratan” Dana Bagi Hasil

Banjarbaru, KP – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalsel, Isharwanto, melalui Kabid Minerba, A. Gunawan Harjito menyebut skema dari pemerintah pusat tetap menyertakan bagi hasil untuk daerah nonpenghasil mineral batu bara (minerba), dengan demikian maka semua daerah mendapatkan manfaat dari keberadaan minerba meskipun lokasnya tidak di daerah tersebut.

“Dari 100 persen royalti dan iuran tetap dibagi dua dulu, yaitu pemerintah pusat sebesar 20 persen dan satu provinsi 80 persen,” jelasnya, Senin (17/2).

Dari 80 persen tersebut dibagi kembali, dengan rincian 16 persen untuk pemerintah provinsi dan 64 persen pemerintah kabupaten dan kota. Sisa 64 persen dari pembagian akan dipecah kembali dengan rincian 32 persen untuk masing-masing kabupaten penghasil dan 32 persen untuk seluruh kabupaten/kota nonpenghasil.

Lebih jauh pria yang akrab disapa Gun menerangkan, perhitungan besaran royalti bagi pemegang izin usah pertambangan (IUP) didasarkan atas kalori. Rinciannya sebagai berikut, kalori di atas 6.100 royalti yang dibayarkan 7 persen, kalori antara 5.100–6.099 yang dibayarkan 5 persen, dan kalorinya di bawah 5.100 royalti yang disetor sebesar 3 persen.

Berita Lainnya

Paman Birin Dukung Pengembangan Olahraga Rekreasi

Acil Odah Bagikan Ribuan Masker di Tanbu

1 dari 162
Loading...

“Perhitungan untuk pemegang perjanjian karya pertambangan batu bara (PKP2B) yang dibayarkan sebesar 13,5 persen. Dari 13,5 persen itu yang dibagi pemerintah pusat ke daerah dihitung berdasarkan kalori,” urainya.

Dihubungi terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Nor Yaumil, mengakui pihaknya juga mendapatkan efek dari pertambangan batu bara. Meski diakuinya Banjarmasin bukan daerah penghasil batu bara.

Pada tahun lalu menurut Subah, Pemko Banjarmasin mendapatkan alokasi bagi hasil minerba kurang lebih Rp200 miliar.

“Memang yang disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih di bawah dari target alokasi, tapi kami bersyukur mendapatkan manfaat dari batu bara meskipun Banjarmasin tidak mempunyai cadangan batu bara,” ujarnya.(mns/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya