Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Gelar Pelatihan Tenaga Penggerak Desa

Batulicin, KP – Dalam rangka penguatan daya saing desa melalui peningkatan inovasi tata pemerintah desa berkelanjutan menuju desa mandiri, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu Gelar pelatihan Tenaga Penggerak Desa (TPD) Tahun 2020 di Gedung Pemuda Kapet, Kecamatan Simpang Empat, Rabu 26/2/2020. 

Pelatihan TPD dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanbu H. Ready Kambo. Dalam sambutanya dia mengatakan, dalam upaya mewujudkan kemandirian masyarakat desa melalui pembangunan dan pemberdayaan desa, perlu didukung tenaga penggerak desa yang mempunyai kapasitas dalam mendampingi desa, dan mengawal pelaksanaan program dan kegiatan sektoral di desa. 

Karenanya ujar nya, pelaksanaan pelatihan ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, dan inovasi TPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di desa. 

“Keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan desa melalui  TPD sangat menentukan keberhasilan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu”, katanya. 

Berita Lainnya
1 dari 1.180
Loading...

Untuk itu lanjutnya, kepada peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan  dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga dengan bekal ilmu yang diperoleh mampu melakukan pendampingan lebih baik, terutama dalam mengoptimalkan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa untuk membangun desa tandasnya. Sementara itu, Kadis PMD Nahrul Fajeri mengatakan, pelatihan ini melibatkan pihak-pihak lintas sektor terkait program kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakanya pelatihan ini yakni untuk  meningkatkan peran dan fungsi TPD, meningkatkan kapasitas, efektivitas, dan akuntabilitas tenaga pendamping desa dengan pemerintah desa. Selain itu juga

Untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat desa dengan TPD dalam membangun desa yang partisipatif, serta meningkatkan sinergi program pembangunan desa antar sektor.

“Melalui pelatihan ini TPD memiliki kreativitas  membangun desa. Kemudian mampu meningkatkan kapasitas keilmuan, moral, keterampilan, dan terlibat aktif ditengah masyarakat,” ujarnya.

Adapun peserta pelatihan terdiri dari Kecamatan, Puskesmas, TPD, dan Koordinator TPD. Sedangkan narasumber pelatihan Tenaga Ahli Kabupaten Tanbu, Pokjanal Kecamatan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kominfo Tanbu. (han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya