Dinas Perdagangan Gelar Pasar Murah di Haul Guru Sekumpul

Disebut Birhasani, Pasar Murah Haul Guru ini dimulai sejak hari Selasa 18 Pebruari dengan tujuan untuk memudahkan warga Sekumpul dan sekitarnya mendapatkan sembako dengan harga murah

BANJARMASIN, KP – Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, H Birhasani menjelaskan, bersama Dolog Kalsel menggelar pasar murah dikawasan pelaksanaan haul Guru Sekumpul dan titik lainnya, untuk memudahkan warga disana dalam berbelanja harga sembako murah.

Dikatakan, untuk meringankan beban warga dikawasan haul Guru Sekumpul Martapura dalam membeli sembako murah atau harga sama dengan harga pasar pihaknya menggelar pasar murah karena warga disana banyak menyediakan makan gratis dan nginap gratis bagi warga luar kota.

“Untuk satu titik pasar murah disana kita siapkan gula sebanyak 1 ton dengan harga Rp12500 dan Rp13 ribu ini dibantu distributor gula H Aftah dan kawan-kawan padahal mereka rugi karena jika diluaran harganya sudah tembus Rp15 per kilo,’’ ujar Birhasani kepada wrtawan di kantornya, Rabu (26/2).

Pihaknya dibantu para distributor besar H Aftah dengan bantuan gulanya, Transmart selain sembako juga jual pakaian konveksi termasuk para distributor makanan lainnya yang ikut buka stand disana untuk memeriahkan haul Guru Ijai.

Kemudian pihak Pertamina juga disana menggelar pasar murah tabung gas bersubsidi 3 kilo gram atau tabung melon setiap titik pasar murah digelar 1 truk dengan harga HET Rp17500 per tabung, dalam hitungan jam saja ludes terjual begitu juga dengan gula pasir.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Disebut Birhasani, Pasar Murah Haul Guru ini dimulai sejak hari Selasa 18 Pebruari dengan tujuan untuk memudahkan warga Sekumpul dan sekitarnya mendapatkan sembako dengan harga murah.Dari catatan Dinas Perdagangan Selasa gula yang habis sekitar 5 ton lebih, begitu juga dengan minyak goreng 4,5 ton, beras sekitar 1 ton lebih juga telur ras dan bebek begitu juga bawang putih dan merah laris hingga 250 kiloan dalam beberapa hari ini.

“Setiap stand tidak kami batasi seperti indofood dengan produk mienya serta para distributor makanan cepat saji lainnya silakan berjualan disini dengan catatan harga yang meraka jual sama dengan pasar atau lebih murah dari harga pasar hitung-hitung mereka beramal dalam kegiatan Haulan Guru dan mencari berkahnya,’’ bebernya.

Adapun titik kegiatan Pasar Murah Haul Guru tahun ini ada di 7 Kelurahan Sekumpul, Tanjung Rema, Kelurahan Karang Jawa, Indra Sari, Keraton dan Kelurahan Sungai Paring, asalnya 5 Kelurahan saja namun warga minta lagi 2 Kelurahan karena ditempatnya juga banyak jadi tempat nginap gratis.

“Ada sekitar 2 hari lagi sebelum haul maka Pasar Murah ini akan kita tutup dan tahun ini jauh lebih banyak pasar murahnya karena tahun lalu hanya 2 titik sedangkan tahun ini ada 7 titik Pasar Murah Haul Guru,” demikian H Birhasani.

Sementara, Kadivre Bulog Kalsel, Arif Mandu kepada wartawan mengungkapkan, pihaknya juga menggelar pasar murah dititik kegiatan jelang Haul Guru Sekumpul tahun 2020 ini.

“Untuk gula kami siapkan sekitar 2 ton lebih dengan harga sesuai HET untuk membantu masyarakat disana ada 7 kelurahan setiap hari kami gelar hingga pelaksanaan Haul Guru tiba,’’ katanya.

Ia berharap mudah-mudahan ijin impor yang dilakukan Bulog cepat keluar untuk mengatasi harga gula pasir yang masih cukup tinggi disejumlah pasar. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya