Gelar Kontes Ternak Disbunak Sisipkan Pesan SIKOMANDAN

Banjarbaru, KP – Saat ini Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disbunak) Kalsel melaksanakan program Optimalisasi Realisasi Program Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN).

Program tersebut merupakan komitmen agar daging sapi di Indonesia tidak sepenuhnya impor, tapi mengoptimalkan produksi dari dalam negeri. .

Diharapkan kegiatan ini mampu mempercepat peningkatan populasi sapi di daerah, sehingga pertumbuhan perekonomian masyarakat semakin meningkat, khususnya para peternak.

Guna menggaungkan SIKOMANDAN, Disbunak Kalsel akan menyisipkan pesan yang terkandung dalam si KOMANDAN pada saat kegiatan panen pedet dan kontes ternak yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut pada bulan Maret mendatang.

“Tujuan dari terselenggaranya kegiatan itu untuk menyosialisasikan program SIKOMANDAN, KUR, dan AUTS. Di samping itu juga untuk mengapresiasi seluruh pelaku usaha maupun peternak serta memberikan edukasi/wawasan kepada petugas dan masyarakat, sehingga dapat lebih meningkatkan usahanya di bidang peternakan,” jelas Kepala Disbunak Kalsel, Suparmi, baru-baru tadi.

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Ia menambahkan, Menurutnya, melalui kegiatan tersebut pesan yang terkandung dalam Program SIKOMANDAN dapat tersampaikan kepada masyarakat. “Target kita yang juga menjadi visi Pak Gubernur Kalsel, yaitu swasembada daging di Kalimantan Selatan dapat tercapai,” tegas Suparmi.

Sebelumnya dalam rangka pelaksanaan program SIKOMANDAN, Disbunak Kalsel bersama Disbunak Batola melakukan pemeriksaan kebuntingan, pendataan akseptor, dan pengobatan ternak sapi.

Pendampingan dilakukan kepada salah satu perusahaan di Desa Sungai Tunjang, Kabupaten Barito Kuala.

Adapun jumlah sapi betina yang dilakukan pemeriksaan kebuntingan sebanyak 49 ekor dan pemberian vitamin sebanyak 6 ekor. Petugas juga melakukan pemberian obat cacing sebanyak 2 ekor. .

Petugas menyarankan kepada peternak agar sapi yang mengalami cacingan tidak diumbar terlebih dahulu dan diperhatikan secara rutin kesehatannya.(mns/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya