Gubernur Paman Birin resmikan Festival Sepakbola Legend 2020

Gubernur Paman Birin didampingi unsure Forkompimda, Ketua DPRD Kalsel DR Supian HK, para kepala SKPD, dari KONI H Muchlis Mukhtar, meresmikan Festival Sepakbola Legend 2020 dengan tendangan kehormatan

Banjarmasin, KP – Festival Sepakbola Legend Piala Paman Birin 2020 se Kalimantan Selatan, resmi dibuka Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Rabu pagi(26/2/2020).

Dalam sambutannya Gubernur Sahbirin yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, kita semua berada dalam keprihatinan, meski memiliki jumlah penduduk sebanyak 250 juta jiwa, namun Indonesia kesusahan dalam mencari pemain sepakbola berbakat.

Meskipun susahnya setengah mati untuk mencari 11 pemain, namun dirinya yakin di Kalsel yang banyak pencinta sepak bolanya, kedepan akan lahir pemain – pemain bola yang handal dari Bumi Lambung Mangkurat.

Oleh karena itu dia mengharapkan kepada semua pihak untuk mengajak anak, adik dan tetangga untuk menggelorakan sepakbola.

“Mari kita bina dengan baik, sehingga pada saatnya menjadi atlet sepak bola handal yang membawa nama harum Banua yang tercinta,” harapnya.

Untuk menambah semangat kepada para pemain, Paman Birin akan memberikan hadiah sebesar Rp25 juta kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak atau top skor

“Kepada top skor akan saya kasih hadiah Rp25 juta. Supaya tambah energinya dalam bermain bola. Main bola tanpa mencetak gol sama saja tidak main bola,” lanjut Paman Birin yag telah menerima penghargaan Pemerintah Pusat dan PWI Pusat sebagai Gubernur Pembina Olahraga Terbaik di Indonesia..

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel, Hermansyah menjelaskan, kejuaraan ini diikuti sebanyak 20 dari 23 tim se Kalsel yang awalnya ikut mendaftar.

“Tiga tim ternyata tidak ikut dalam acara pembukaan jadi kami diskualifikasi,” kata Hermansyah yang menerima penghargaan Gubernur Kalsel, karena Dispora Kalsel sebagai instansi terbanyak dipublikasikan media cetak, elektronik dan media online.

Sebelum laga perdana terlebih dahulu digelar laga eksibisi antara tim Allstar Paman Birin menghadapi tim Dispora Kalsel. Laga ini dimenangkan tim Paman Birin 3-0, dimana sang kapten tim Paman Birin menceploskan dua gol.

Togap Bersaudara FC

Sukses selalu menjadi yang terbaik di ajang Festival futsal Legenda Paman Birin Cup, 2 tahun berturut-turut pada 2018 dan 2019, tim Togap Bersaudara FC ingin menularkan prestasinya ke cabang olahraga sepakbola.

Kesempatan itu terbuka lebar saat tim yang dimiliki anggota Satlantas Polresta Banjarmasin Togap Siregar ini, ikut di ajang festival sepakbola Legenda Paman Birin Cup 2020, yang dimulai Rabu (26/2/2020) di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Ditemui saat pertemuan teknik, Togap mengaku timnya menem[ati posisi pertama hasil drawing Selasa, siap berlaga dan memberikan yang terbaik di ajang yang baru pertama kali digelar di Kalimantan Selatan ini.

“Mudahan bisa menyamai tim futsal untuk materi pemain kita banyak mengandalkan pemain-pemain lokal asal Banjarmasin,” katanya.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel M Nasir mengatakan, sesuai dengan temanya sepak bola Legenda kejuaraan ini hanya boleh diikuti para pemain-pemain yang memiliki usia sesuai ketentuan.

“berdasarkan ketentuan pemain yang ikut adalah pemain diatas berusia 46 tahun. Boleh juga pemain diikuti tahun kelahiran 1980 ke atas namun jumlahnya dibatasi sementara untuk penjaga gawang berusia 25 tahun keatas,” kata Natsir.

Kegiatan ini awalnya diikuti 23 tim dari seluruh klub sepak bola di Kalimantan Selatan. Dua tim mengundurkan diri salah satunya adalah tim legenda PS Barito Putera yang tidak mengembalikan formulir pendaftaran saat pertemuan teknik.

“Awalnya kami hanya membatasi 18 tim namun jumlah peserta yang ingin mendaftar terus bertambah sehingga kami menampung 21 klub,” ujar dia.

Dalam kejuaraan ini menggunaka sistem gugur dengan waktu hanya 2×30 menit. Jika kedudukan masih imbang maka akan digelar adu pinalti.

“Pergantian pemain boleh 7 orang mengingat usia yang sudah tidak muda lagi sehingga pemain bisa banyak dalam melakukan pergantian,” ujar dia.

Tidak hanya pemain yang sudah gantung sepatu, pemain-pemain top masa lalu dari klub Barito Putera dan Persiba juga dipastikan bakal memeriahkan festival sepakbola legenda ini.

Berdasarkan informasi klub sepakbola Kharisma FC memboyong empat sampai lima pemain Barito putra yang memenuhi syarat umur itu, ditambah dengan beberapa mantan pemain Persiba Balikpapan. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...