IKWI Pusat Aksi Borong Kain Sasirangan

Banjarmasin, KP – Ibu-ibu yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat ketika berkunjung ke rumah UMKM Dekranasda Kota Banjarmasin Jalan KP Tendean yang banyak menjual kain sasirangan langsung melakukan aksi borong.

“ Saya dan teman-teman langsung melakukan aksi borong sasirangan karena bagus-bagus dan motifnya macam-macam, dulu dikira hanya garis-garis saja ternyata variatif, harga perpotong kain sasirangan ini sudah cukup terjangkau,” kata Ketua IKWI pusat Indah Karina Atal S Depari dalam rangkaian kegiatan HPN 2020 di Banjarmasin.

Kain sasirangan hasil karya para pengrajin disini banyak sekali motifnya selain kren-kren warna alamnya bahkan coraknya tidak akan sama satu sama lainnya karena semua dikerjakan dengan tangan bukan menggunakan mesin.

“ Kami jadi sedih dan kurang nyaman bila nawar-nawar kain sasirangan jadi sedih milik UMKM ini karena pembuatan prosesnya cukup sulit dengan tangan bukan pabrik dan lama sesuai keterangan ibu Walikota Hj Siti Warsilah, ini sangat bagus untuk oleh-oleh keluarga,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 457
Loading...

Sebelum ke Dekranasda rombingan IKWI juga sempat mampir ke Martapura cari kalung batu dan perhiasan sangat lengkap di kota ini juga mampir cari makanan cemilan amplang dan lainnya di dikawasan Jalan Andalas dan Kampung Sasirangan hingga susur sungai.

“Saran saya agar keberadaan IKWI ini menyebar hingga kekabupaten dan kota apalagi IKWI ini berada dibawah PWI hingga terus menjalin silaturahmi dan juga ikut kerajinan seperti ini sehingga anggauta IKWI bisa menambah pendapatan keluarganya,’’harapnya.

“ Saya sangat bersukur Kalsel menjadi tuan rumah HPN tahun ini dan hadir IKWI pusat dihadapan kita semua sehingga para pengrajin UMKM kita bisa semakin terkenal di Indonesia khususnya kain sasiarangan banua seperti batik,” tambah ibu Walikota Banjarmasin Hj Siti Warsilah ketika mendampingi rombongan IKWI pusat.

Dari Rumah ANNO show Dekranasda mudah-mudahan menjadi salah satu sarana memperkenalkan kain sasirangan para pengrajin ini bisa go nasional dan bisa mendorong kesejahtraan warga perkotaan.

“ Kami siap bermitra dengan IKWI dan siapapun dimana kita tahun peran wartawan sangat bagus dan kerja sama dengan IKWI benar-benar akan kita wujutkan ,” sebutnya. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya