Partisipasi Masyarakat Diharapkan Dalam Program Pemkab Tala

Pelaihari, KP – Kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) yang merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) kali ini digelar di Desa Tirtajaya Kecamatan Bajuin, Jumat (14/2/2020).

Bupati Tala H Sukamta bersama Wakil Bupati Abdi Rahman hadir dalam kegiatan ini menuturkan, jika kegiatan ini tidak sekedar memenuhi janji politik, tapi sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tala 2018—2023.

“Kegiatan ini bukan perintah bupati dan wakil bupati, tapi ini sudah masuk dalam peraturan daerah (perda) jadi harus dilaksanakan. Jika tidak dilaksanakan bupati dan wakil bupati melanggar perda,” jelas Sukamta.

Desa Tirtajaya sendiri merupakan desa yang ke-35 yang dikunjungi dan ditempati untuk menginap oleh bupati dan pejabat di lingkup Pemkab Tala.

Berita Lainnya
1 dari 1.178
Loading...

Sukamta berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa. Mengingat dalam kegiatan ini terdapat kepala SKPD yang bisa diajak untuk menyerap saran, keluhan atau aspirasi dari masyarakat secara langsung tanpa harus bertemu dengan bupati.

“Jadi kalau ada masalah sampaikan langsung ke kepala dinas, makanya supaya kepala dinasnya dikenal sama warga saya bawa ikut serta dalam kegiatan ini. Supaya nggak kebingungan mau konsultasi sama kepala dinas yang mana.” Ujar Sukamta.

Sementara itu pada kesempatan ini bupati juga memaparkan kemajuan yang dialami di Desa Tirtajaya. Pada tahun 2019 sudah dilakukan pengerasan jalan Kijang Mas—Jalan Tirtajaya sepanjang 800 meter dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tala. Pada tahun 2020 akan dilakukan pembangunan gedung kantor sekolah SDN 2 Tirtajaya dan lapangan upacara SDN 2 Tirtajaya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala.

Bupati juga menyebut dana desa yang sudah tersalur di Desa Tirtajaya sekitar Rp 730 juta, bagi hasil pajak sebesar Rp 17 juta dan bagi hasil retribusi sebesar Rp 7 juta.

“Jadi saya harap dana desa itu penggunaannya dirembukkan agar benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Saya juga meminta ASN jika merencanakan sesuatu itu harus terukur manfaatnya bisa dirasakan rakyat Tanah Laut,” tegasnya.

Pada kesempatan ini bupati juga meresmikan rumah dataku dan Sahabat Keluarga Desa Tirtajaya, selain memberikan bantuan sembako kepada para jompo dan bibit pohon Asam Jawa, Trembesi dan Jengkol. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya