Pemkab HSS Seleksi 8 Calon Petugas Haji

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), melakukan seleksi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Tahun 2020, Rabu (26/2/2020) di Ruang Rapat Lantai II Kantor Setdakab HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry membuka seleksi calon TPHD dan TPID, yang diikuti peserta sebanyak 8 orang itu. Kegiatan itu turut dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dan Kepala Kantor Kementiran Agama Kabupaten HSS Saribuddin.

Bupati HSS Achmad Fikry menyampaikan, tiap tahun Pemkab HSS mengirim petugas haji untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, bagi calon jemaah haji asal daerahnya.

Diungkapkan Achmad Fikry, tiap tahun terjadi perubahan ketentuan tentang petugas haji ini. “Kalau dulu untuk menentukan siapa yang berangkat menjadi petugas haji menjadi kewenangan kepala daerah, namun sekarang harus seleksi tidak bisa lagi ditunjuk oleh Bupati,” ungkapnya.

Ditambahkannya, setelah seleksi dan didapatkan 4 orang, maka selanjutnya akan diseleksi kembali kondisi kesehatan calon tim pemandu haji tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 1.203
Loading...

Hal itu dilakukan ujarnya, karena tugas tim pemandu haji cukup berat. Jadi terangnya, harus dilakukan oleh orang-orang yang dalam kondisi kesehatan yang prima.

“Kalau kita menugaskan orang-orang yang berpotensi punya resiko penyakit tinggi, sama saja dengan kita membebani beliau, kasihan nantinya,” tuturnya.

Achmad Fikry berharap, yang terpilih adalah orang-orang terbaik dan segera mempersiapkan diri untuk menjadi petugas TPHD dan TPIH untuk mengawal para jamaah calon haji Kabupaten HSS.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdakab HSS M Thaha menjelaskan, 2020 ini seleksi TPHD dan TPHI dilaksanakan selama dua kali. Yakni, seleksi di kabupaten dan kedua seleksi di tingkat provinsi.

Seleksi di kabupaten jelasnya, akan diambil sebanyak 4 orang. Selanjutnya, diseleksi kembali di provinsi menjadi 2 orang saja, yakni satu orang petugas TPHI, dan satunya lagi TPHD.

Ditambahkan M Thaha, dana keberangkatan 2 orang petugas haji itu, sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemkab HSS. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya