Tahun Ini HPN Terhijau Sepanjang Sejarah

Jokowi Tanam Pohon Mersawa

Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia sekaligus peluncuran Kebun Bibit Desa (KBD) di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. (ADV)

PRESIDEN Republik Indonesia, Joko Widodo pada Sabtu (8/2) meresmikan Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia sekaligus peluncuran Kebun Bibit Desa (KBD) di Komplek Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan peresmian ini adalah sebagai permulaan dari kegiatan pembangunan KBD di Kalimantan Selatan.

Peresmian Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia termasuk rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

Kegiatan dipimpin Presiden Republik Indonesia, didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beberapa jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh Indonesia.

Berita Lainnya
1 dari 1.271

Turut hadir pula jajaran Pimpinan Tinggi KLHK, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Kalimantan Selatan, kelompok tani KBD, tokoh masyarakat, pelajar, serta para pemerhati kehutanan.

Presiden juga melakukan penanaman pohon Mersawa (Anisoptera marginata Korth).

Selain presiden, perwakilan PWI dari berbagai regional juga melakukan penanaman pohon endemik dari wilayah mereka, yang dibawa langsung oleh masing-masing perwakilan.

Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, menyebut HPN tahun ini adalah HPN terhijau, sebab untuk pertama kalinya dalam rangkaian dilaksanakan penanaman.

“Tahun ini HPN terhijau dalam sejarah pelaksanaan HPN,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq, menjelaskan pohon yang ditanam presiden merupakan jenis endemik asli Kalimantan.

“Pohon Mersawa ini merupakan pohon dari dataran kalimantan, dan tumbuh tinggi pohon ini bisa mencapai lima puluh hingga enam puluh meter, bahkan lebih,” terang Hanif.

Sebelum meninggalkan lokasi acara peresmian untuk menuju puncak acara HPN, presiden menerima buku “The Wonderful South Kalimantan Forest” yang diserahkan langsung oleh Kadishut Kalsel. (ADV/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya