Tim Penilai Lomba BBGRM Kalteng Kunjungi Sidodadi

Pulang Pisau, KP – Tim Penilai Lomba BBGRM tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan kunjungan penilain ke Desa Sidodadi Kecamatan Maliku, Sabtu (22/2).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TIm Penilai BBGRM Kalteng Adiah Candrasari Hatta, Asisten I, HM Syaripul Pasaribu, dan Kadis PMDes Pulpis, Hj.Deni Widaniarti.

Ketua TIm Penilai BBGRM Kalteng Adiah Candrasari Hatta, menyampaikan bahwa hanya ada 4 Kabupaten saja yang memenuhi syarat administrasi dalam Lomba BBGRM tahun 2020, salah satunya adalah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Desa Sidodadi Kecamatan Maliku.

” Desa Sidodadi merupakan Desa ke empat yang di kunjungi oleh Tim Penilai. Semua Desa yang mengikuti lomba BBGRB, tentu berharap mendapat predikay yang terbaik, ” ujarnya

Sementara Bupati Pulpis H Edy Pratowo melalui Asisten 1 HM Syarioul Pasaribu mengatakan, pada lomba BBGRM tahun 2020 tingkat Kalteng, Kabupaten Pulang Pisau mempercayakan Desa Sidodadi untuk mewakilinya. Dimana penilaian tersebut didasari oleh 4 indikator, yakni kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, agama, dan lingkungan.

Berita Lainnya

Bupati Minta OPD Optimalkan Serapan Anggaran

Dua Posko Covid-19 Pulpis di Non Aktifkan

1 dari 481
Loading...

” Dari sekian desa yang ambil bagian mengikuti lomba, Desa Sidodadi kembali terpilih, karena budaya gotong royong telah menjadi budaya yang terus dilestarikan sampai saat ini, ” ujarnya, kermarin , (23/2).

” Desa ini juga memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki desa-desa lain, seperti Perdes tentang bunga pengantin, dimana calon- penganti yang berasal dari Desa Sidodadi wajib menanam kurang lebih 5 pohon di lingkungan sekitarnya. Hal tersebut sebagai bentuk pelestarian lingkungan, ” imbuhnya

Selain itu kata Syaripul, Desa Sidodadi juga sudah menerapkan 4 prioritas dari Kementerian desa, diantaranya memiliki embung desa yang dikelola oleh Bumdes dengan unit usaha PDAM desa, BUMDes, Produk unggulan desa dan sarana olahraga desa.

“Desa Sidodadi sendiri telah banyakmengukir prestasi tahun2016, 2017 dan pernah juara 2 lomba BBGRM, dan tahun 2019 juara harapan 2 lomba desa kategori regional dan 2020 juara 1 lomba BBGRGM tingkat Kabupaten, sehingga pada tahun 2020, menjadi wakil Pulpis, ” ucapnya

Atas capaian tersebut, Pemkab Pulang Pisau mengapresiasi bahwa gotong royong harus dijaga dan dilestarikan karena merupakan warisan budaya dan dapat mempererat tali persaudaraan, dan mengajarkan arti persaudaraan serta rela berkorban demi kepentingan masyarakat.

” Desa Sidodadi sebagai keterwakilan wajah Pulang Pisau dalam mengikuti lomba BBGRM tingkat Kalteng dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi desa ini dari Prestasi yang pernah di raih desa, dan bisa mempertahankan juara II BBGRM tingkat Kalteng, ” tandasnya. (sgt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya