Ansharuddin Bersama Forkopimda Hadiri Car Free Day

Paringin, KP – Bupati Balangan H Ansharuddin bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Balangan launching pembukaan jalur Car Free Day yang digelar di jalan samping masjid Al Akbar Balangan, Minggu (08/03/2020).

Car free day ini akan diadakan tiap hari minggu pukul 06.00 pagi-10.00 pagi yang bertempat di lajur jalan samping masjid Al Akbar Balangan sampai dengan kantor Dinas Perpustakaan dan Rekayasa Lalu lintas rencana dilakukan oleh pihak lalulintas dan Dishub Balangan.

Tujuan diadakannya acara tersebut adalah terwujudnya sebuah ruang publik yang dimana ruang publik ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara aman,nyaman dan sehat. Pemanfaatan ruang publik ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga tapi kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya bisa mendorong atau membudayakan tumbuh dan berkembangnya usaha kecil dan menengah ataupun kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya produktif.

Dalam acara tersebut Bupati Balangan H Ansharuddin didamping Forkopimda melaksanakan senam bersama para peserta car free day. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya launching pembukaan jalur Car Free Day yang digelar di jalan samping masjid Al Akbar Balangan.

Bupati Balangan H Ansharuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa Car Free Day (CFD) merupakan salah satu cara untuk mengurangi ketergantungan diri terhadap kendaraan bermotor dan juga bertujuan untuk mengurangi polusi sehingga udara bisa bersih dan diri menjadi sehat.

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin bersama forkopimda menikmati makanan yang dijual oleh pelaku usaha lokal. (KP/Ist)
Berita Lainnya
1 dari 1.232
Loading...

” Penyelenggaraan car free day tersebut bukan hanya untuk hari ini saja tapi berjalan terus hingga kedepannya kegiatan tersebut dapat ditambah dengan kegiatan-kegiatan lainnya dan diperluas wilayahnya,seluruh stakeholder yang terkait diharapkan hadir didalamnya”, ujar bupati didepan peserta car free day.

Dia pun berharap agar jalur tersebut bisa dimanfaatkan dengan kreatif bagi masyarakat, yang bukan hanya dilaksanakan pada hari ini saja, namun akan terus berkelanjutan.

“Ini kita harap bukan hanya dilakukan hari ini, namun terus menjadi pusat kegiatan masyarakat, dan akan terus berkelanjutan,” harap Ansharuddin.

Ansharuddin, mengatakan, jika pembukaan jalur Car Free Day tersebut tidak lain untuk memberikan ruang terbuka dan sehat bagi masyarakat Kabupaten Balangan, untuk kemudian digunakan sebagai tempat berlari ataupun bersantai selama proses Car Free Day.

“Kita berikan ruang publik yang dimana ruang publik ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara aman, nyaman dan sehat. Pemanfaatan ruang publik ini tidak hanya dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga tapi kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya bisa mendorong atau membudayakan tumbuh dan berkembangnya usaha kecil dan menengah ataupun kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya produktif,” imbuhnya

Rizky Amelia Putri selaku ketua panitia CDF Balangan menyatakan car free day atau CFD yang digelar setiap hari minggunya merupakan ajang menghidupkan pedagang usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. 

“Kami dari Forum Pengembangan Ekonomi Lokal sangat berterima kepada semua pihak, lebih khusus kepada pemerintah kabupaten Balangan yang mendukun penuh kegiatan yang kami gagas ini,” ujarnya.

Amaelia menyebutkan, arena CFD tersebut tidak hanya untuk aktivitas masyarakat berolahraga, tetapi juga akan diisi berbagai kegiatan yang posif dan juga menjadi lokasi pedagang UMKM menjajakan produknya. “Semoga ke depan CFD terus berlanjut, sehingga dapat menghidupkan UMKM di Balangan. Dengan demikian, upaya menurunkan kemiskinan dan pengangguran bisa tercapai,” katanya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya