Ansharuddin Sadap Perdana di Kebun Praktek SMK PP Negeri Paringin

Paringin,  KP – Bupati Balangan H Ansharuddin hadiri penyerahan kebun karet entres dari PT Adaro Indonesia ke SMK PP Negeri Paringin, Rabu (04/03) di Desa Gampa kecamatan Paringin Selatan. Selain menghadiri penyerahan kebun karet Bupati H Ansharuddin berkenan juga melakukan sadap perdana karet dikebun tersebut yang merupakan lahan praktek SMK PP Negeri Paringin.

Hadir di kegiatan itu,  selain Bupati Balangan H Ansharuddin,  Kabid Kurikulum Disdik dan Kebudayaan provinsi Kalsel, Dra Siti Nuraida MPd, Kepsek SMK PP Negeri Paringin Syahruddin, perwakilan PT Adaro Indonesia, beberapa kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat. 

Bupati H Ansharuddin menyampaikan,  bahwa orientasi pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) harus berorientasi pada Job Creator. Job Creator ini lebih berorientasi pada lulusan yang berkreasi sebagai wirausahawan muda di bidang pertanian. Oleh karena itu, kurikulum di SMK-PP harus menghasilkan wirausahawan muda di bidang pertanian.

“Karena lulusan SMK PP ini sudah mempunyai bekal keahlian, khususnya dibidang pertanian,” ujar bupati.

Ditambahkannya juga, lulusan SMK PP ini banyak juga yang jadi ASN dan jadi pengusaha.

“Belajar lah yang rajin, pemerintah daerah akan memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi dan mau melanjutkan kuliah,” tegasnya.

Di kesempatan itu pula, orang nomor satu di Balangan berjanji akan melakukan perbaikan jalan menuju lokasi perkebunan. 

“Kepada PUPR, Tolong jalan menuju perkebunan ini diperbaiki, karena jalan itu dianggap jalan produksi, ” perintah bupati kepada Kadis PUPR yang ikut menghadiri penyerahan kebun karet. 

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada PT Adaro Indonesia atas bantuannya kepada SMK PP Negeri Paringin dan melalui dana CSR nya Insya Allah kami akan membangun 1 mushola dan 1 lokal untuk pembelajaran di SMA Tebing Tinggi,” imbuh bupati.

Sebelumnya, Kepala SMK PP Negeri Paringin, Syahruddin mengungkapkan, lahan praktek karet SMK PP Negeri Paringin ini sudah berusia kurang lebih 7 tahun dan karetnya sudah siap disadah.

Berita Lainnya
1 dari 1.227
Loading...

“Luas lahan praktek ini sekitar 4 hektar dan karetnya sudah siap disadah,” ujar Syahruddin.

Kepsek Syahruddin berharap kepada masyarakat lebih mensosialisasikan (memasarkan, red) lagi tentang SMK PP ini agar kedepannya lebih banyak lagi anak anak mau masuk sekolah ke SMK PP Negeri Paringin.

“Terimakasih kepada semua guru SMK PP atas kerjasamanya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Dan terimakasih juga kepada Bupati Balangan dan Kabid Kurikulum Disdikbud Kalsel yang berkenan hadir,” katanya.

Kabid Kurikulum Disdik dan Kebudayaan provinsi Kalsel, Dra Siti Nuraida MPd menyampaikan sangat senang dan bersyukur bisa melihat secara langsung lahan praktek kebun karet bagi palajar SMK PP Negeri Paringin.

“Mudah mudahan kedepannya banyak anak anak baik yang berasal dari Kabupaten Balangan maupun dari kabupaten tetangga mau masuk sekolah ke SMK PP Negeri Paringin ini,” ujarnya.

Menurutnya, SMK PP ini merupakan sekolah kejuruan sehingga siswa siswinya sudah bisa memiliki keahlian.

“Begitu lulus sudah bisa bekerja ataupun berwirausaha,’ ucapnya.

Nuraida juga berharap kepada Pemkab Balangan agar tetap membantu kepada SMK, karena yang bersekolah adalah putra putri daerah juga.

“Ya paling tidak bantuannya menjembatani antara sekolah dengan dunia usaha,” pungkasnya.

Sementara, H Abd Hair tokoh masyarakat yang kebetulan memiliki tanah disekitar lahan perkebunan praktek SMK PP Negeri Paringin ini siap menghibahkan tanahnya apabila Pemkab melakukan pembangunan jalan.

“Demi kelancaran pembangunan kami siap menghibahkan sebagian tanah kami disini untuk kelancaran pembangunan jalan,” ucapnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya