Banjarmasin Diminta Perketat Pintu Masuk

Kota Banjarmasin perlu mendapat prioritas utama karena menjadi pintu gerbang strategis keluar masuk kegiatan perekonomian. Sehingga, bukan hal yang tidak mungkin Banjarmasin sangat rentan penyebaran Corona.

Banjarmasin, KP – Satu orang warga Kalimantan Selatan dinyatakan positif corona. Hal itu diungkapkan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor setelah melakukan teleconference bersama seluruh bupati/walikota se- Kalsel, pada Minggu (22/3/20) siang.

“Dari 5 kasus Pasien Dalam Pemantauan (PDP), satu orang dinyatakan Positif Corona, sedang Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 362 orang,’’ ucap Sahbirin Noor.

Mengatisipasi penyebaran Virus Corona agar tidak tambah parah, gubernur langsung perintahkan agar pemerintah kabupaten kota melakukan antisipasi pencegahan, agar wabah Covid–19 tidak meluas di Kalsel.

“Saya perintahkan semua walikota dan bupati untuk siaga, antisipasi pencegahan status tanggap darurat dengan melakukan berbagai upaya preventif,’’ tegasnya.

Sementara menyikapi perintah orang nomor satu di Kalsel itu, Pemerintah Kota Banjarmasin telah mengambil langkah pencegahan seperti meliburkan kegiatan belajar mengajar mulai TK hingga SLTP Negeri dan swasta, menutup sementara Tempat Hiburan Malam (THM) hingga melarang pejabat bepergian ke luar daerah untuk sementara waktu.

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...

Meski telah melakukan upaya pencegahan, namun anggota DPRD Banjarmasin Zainal Hakim ST menilai langkah Pemko Banjarmasin dalam mencegah dan mengantisipasi wabah Covid-19 untuk lebih ditingkatkan lagi, sebagaimana ditempuh sejumlah daerah lain.

“Mengingat sudah ada warga yang positif terjangkit Virus Corona, maka tidak salahnya kita lakukan upaya pencegahan yang lebih maksimal lagi. Seperti menyediakan tempat cuci tangan portabel dan melakukan penyemprotan disinfektan di banyak titik berkumpulnya masyarakat,’’ ucap Zainal Hakim kepada kepada {{KP}}, Senin (23/3/20).

Kota Banjarmasin, menurut anggota komisi III DPRD ini, perlu mendapat prioritas utama karena menjadi pintu gerbang strategis keluar masuk kegiatan perekonomian. Sehingga, katanya lagi, bukan hal yang tidak mungkin Banjarmasin sangat rentan penyebaran Corona.

“Karena Banjarmasin ini pintu gerbang masuknya pendatang, perlu upaya pencegahan secara dini. Kami minta pendatang di terminal pelabuhan, terminal darat, atau udara semuanya harus melalui pemeriksaan kesehatan,’’ kata Zanal Hakim yang juga Wakil Ketua F-PKB di DPRD Banjarmasin ini.

Lebih jauh anggota dewan dari dapil Kecamatan Banjarmasin Utara itu berharap, Pemko Banjarmasin segera mengambil langkah turun ke lapangan atau semua titik yang dinilai rawan menjadi penyebaran Virus Corona, jangan sampai menunggu ada warga yang positif baru bertindak.

Ia juga mengimbau warga mematuhi himbauan pemerintah, agar selalu menjaga kebersihan dan tetap berada di rumah guna mencegah dan mengantisipasi agar Virus Corona tidak sampai mewabah. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya