Bupati Ingin BPR Jadi Ujung Tombak Pembiayaan UMKM

Martapura, KP – Petinggi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Provinsi Kalsel berkunjung ke Pemkab Banjar, Kamis (5/3/20) pagi. Kedatangan mereka diterima Bupati KH Khalilurrahman.

Pertemuan berlangsung di Rumah Dinas Bupati, di Jalan Pangeran Hidayatullah, Martapura, sekitar 45 menit. Bupati sendiri didampingi beberapa pejabat teknis terkait, di antaranya dari Inspektorat dan Bagian Ekonomi.

Pertemuan itu dalam upaya meningkatkan daya saing Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) yang ada di Kabupaten Banjar. OJK bersama pemerintah terus berupaya meningkatkan, memperkuat eksistensi BPR dalam upaya pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

Upaya yang ditempuh, yakni menggabungkan (merger) sejumlah BPR/BPRS yang dimiliki Pemkab Banjar. Konsolidasi BPR/BPRS juga sejalan dengan ketentuan kewajiban pemenuhan modal inti yang diatur dalam POJK Nomor 5 /POJK .03/2015 tentang kewajiban penyediaan modal minimum dan pemenuhan modal inti minimum BPR.

Dalam hal ini, BPR diwajibkan memiliki modal inti sebesar Rp3 miliar hingga per Desember 2019 dan sebesar Rp6 miliar per 31 Desember 2024.

Berita Lainnya

Gebrak Masker PKK Sasar Empat Lokasi

Taspen Sosialisasi Perlindungan JKK-JKM Non ASN

1 dari 1.180
Loading...

Terkait hal inilah rombongan perwakilan OJK Regional 9 Kalsel melakukan pertemuan dengan Bupati H Khalilurrahman.

Roza Aulia, perwakilan OJK Regional 9 mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang telah mendukung proses merger BPR di Kabupaten Banjar.

“Jadi nantinya akan menjadi lebih kuat dan bisa mendukung perekonomian di daerah ini,’’ tandasnya.

Sementara Bupati Khalilurrahman menegaskan kesiapan Pemkab Banjar mendukung langkah yang dilakukan OJK tersebut. Dia pun berharap kedepannya BPR bisa meningkatkan tata kelola dan efisiensi di bidang operasional melalui terpenuhinya SDM yang tepat guna.

“Juga agar bisa menjadi ujung tombak dalam pembiayaan UMKM,’’ kata Guru Khalil. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya