Dana Desa Kabupaten Pulpis Tahun 2020 Meningkat

Pulang Pisau, KP – Jumlah Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Kabupaten Pulang Pisau tahun 2020 ini sebesar Rp 154,9 miliar. Demikian disampaikan asisten I Setda Pulpis, HM. Syaripul Pasaribu, Senin (15/3).

Syaripul Pasaribu merinci berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor : 900/257/DPMD/X/2019 bahwa jumlah DD Pulpis untuk tahun 2020 sebesar Rp 94,9 miliar.

Sedangkan untuk ADDdimana dalam proses penetapan Perbup di tahun 2020 sebesar Rp 55 Miliyar serta ada penambahan di perbuahan sebesar Rp 5 miliar. Jadi total ADD tahun 2020 sebesar Rp 60 miliar.

“Jadi total jumlah DD dan ADD untuk Pulang Pisau pada tahun 2020 ini sebesar Rp 154,9 miliar,” kata HM Syaripul Pasaribu yang juga mantan Kepala DPMD Pulpis.

Pria yang telah mengabdi dan membina DPMD Pulpis lebih 10 tahun ini cukup banyak prestasi yang diraih hingga tingkat nasional mengatakan, semua desa di Pulpis telah menggunakan aplikasi Pahari terutama dalam pelayanan administrasi Desa.

Berita Lainnya
1 dari 499
Loading...

Sementara, untuk Bumdes yang sudah terbentuk di Bumi Handep Hapakat berjumlah 73 dan ada beberapa Bumdes yang sudah menunjukkan eksistensinya, diantaranya Bumdes di Gantung Mintin dan Hanjak Maju.

“Mereka ini nanti kita undang untuk turut memeriahkan kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Pulpis pada 31 Maret 2020,” bebernya.

Ia menjelaskan, BBGRM adalah suatu gerakan nasional yang telah dicanangkan dan diperingati sejak tahun 2003. BBGRM adalah nilai-nilai gotong royong kerja sama dengan masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan.

“Pada pameran UMKM dan Bumdes, nantinya mereka menampilkan produk unggulan desanya,” ucap dia.

Saat ini, pihaknya bersama Kepala DPMD Pulpis Hj Deni Widanarni akan bertemu Dirjen Bina Pemdes untuk koordinasi dan konsultasi terkait rencana Mantan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang bekerjasama dengan pihak Kemendagri, untuk menjadikan Pulang Pisau sebagai Pilot Proyek model pembinaan, dalam rangka Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes/Kelurahan. (sgt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya