Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Dewan Minta Dinkes Banjarmasin Proaktif Deteksi Dini Corona

×

Dewan Minta Dinkes Banjarmasin Proaktif Deteksi Dini Corona

Sebarkan artikel ini
kalimantanpost.com/nid
HM Yamin, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin.

Banjarmasin, KP  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin, , meminta pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) agar proaktif melakukan deteksi dini untuk mencegah dan mengatisipasi masuk virus corona di kota ini.

Android

“Kita Minta Dinkes dan pihak-pihak terkait lainnya lebih siap untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun harapan kita virus  ini tidak menyebar ke Indonesia, apalagi  sampai masuk ke Banjarmasin,” kata  Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, HM Yamin.

Hal itu disampaikan HM Yamin menyikapi mewabahnya  virus corona yang hingga kini dilaporkan  banyak diderita warga Kota Wuhan  Republik Rakyat Cina (RCC).

Kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/32020).  ia juga menghimbau agar warga  ikut waspada dan selalu mengantisipasi penyebaran virus tersebut karena  bisa muncul kapan saja.

“Seperti  menjaga pola hidup sehat  dan selalu menggunakan masker apalagi saat beraktifitas di luar rumah, Masalahnya, karena penyebaran penyakit akibat virus dari manusia ke manusia ini begitu cepat,” ujar unsur pimpinan dewan dari Partai Gerindra ini.

Menurutnya  selain melakukan deteksi dini,  ia juga meminta agar Dinkes gencar melakukan sosialisiasi  kepada masyarakat terhadap ancaman bahaya  penyebaran virus corona tersebut.

Terutama, kata dia, di kawasan yang dianggap kumuh, karena di kawasan itu virus tersebut rentan muncul.

HM Yamin juga mengingatkan,  jika ada warga yang terkena flu dan gejalanya mirip seperti terjangkit virus carona  agar menggunakan masker dan sesegeranya ke rumah sakit.

Lebih jauh  ia menjelaskan,  virus corona (coranavius) tengah menjadi perhatian dunia lantaran saat ditemukan dan tengah mewabah  di Kota Wuhan Cina, virus jenis baru yang dapat membawa kematian bagi penderita tersebut juga terdeteksi di sejumlah negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Ditandaskan, karena sebaran virus ini diidikasi sudah menyebar ke sejumlah negara, dan positif dua  orang sudah ditemukan di Indonesia dan diduga sikitar 52 terinfeksi.

HM Yamin  juga meminta agar PT Angkasa Pura I yang telah melakukan pengetatan pemeriksaan  kesehatan, penumpang di Bandara Syamsudin Noor, khususnya terhadap penumpang internasional atau yang datang dari luar negeri.  

Menyinggung anggota dewan sering melaksanan kunjungan kerja, ia mengemukakan, untuk tujuan Kota Depok sementara bukan menjadi tujuan. 

Masalahnya sudah ada dua orang yang ditemukan telah dinyatakan positif terjangkit penyakit tersebut. (nid/KPO-1)

Iklan
Iklan