Dispora pilih wakil Kalsel Ikuti Pepelingasih nasional

Dispora Kalsel memilih enam terbaik, terdiri 3 putra dan 3 putri, seleksi Pepelingasih Prov Kalsel, di Hotel Roditha Banjarmasin.

Banjarmasin, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan, melalui Bidang Pemberdayaan Kepemudaan, berhasil memilih tiga pemuda dan tiga pemudi terbaik seleksi Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Kalsel, yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Rodhita Banjarmasin.

Panji Ansari dari Banjarmasin, terbaik satu dari 52 peserta seleksi pemuda peduli lingkungan asri dan bersih yang digelar Dispora Kalsel, memaparkan visi dan misi yang memfokuskan terhadap pengelolaan sampah.

Panji Ansari satu dari 52 peserta seleksi pemuda peduli lingkungan asri dan bersih ini, meraih peringkat pertama setelah menjalani proses seleksi selama tiga hari, Rabu sampai Jumat.

Peringkat 2 pemuda, Muhammad Khalillulrahman dari Tanah Laut, 3 M Ibnu Haikal Jabar dari Banjarmasin. Sedangkan untuk pemudinya, peringkat 1 Winda Aldina Kesuma dari Barito Kuala, 2 Oktaviana Citra Arrissa dari Banjarmasin, 3 Noor Jannah dari Barito Kuala.

Para pemenang enam besar diumumkan saat penutupan seleksi Jumat pagi, peringkat pertama bakal dikirim untuk mengikuti seleksi di Tingkat Nasional Pepelingasih yang dijadwalkan Juli 2020 mendatang di Bali.

Menurut salah satu dewan juri, Amalia Rizky, ke 52 peserta dari 13 Kabupaten/Kota se Kalsel memiliki atmosfir positif sebagai pejuang lingkungan.

Bukan hanya Panji Ansari asal kota Banjarmasin, namun seluruh peserta dari 13 kabupaten kota, menjalani seleksi mulai dari pemaparan visi misi, wawancara empat mata dan wawancara terbuka oleh dewan juri, terkait kepeduliannya terhadap lingkungan.

Dari hasil seleksi ini, kata Amalia diambil enam besar, yang satu diantaranya dengan nilai tertinggi bakal dikirim untuk mengikuti seleksi Pepelingasih tingkat nasional.

Kadispora Kalsel H Hermansyah melalui Kabid Pemberdayaan Kepemudaan, Yuyu Rahmat Mulyana, seleksi Pepelingasih Tingkat Nasional bakal digelar Juli 2020 mendatang.

‘’Dispora Kalsel pun menargetkan peserta yang mereka kirim bakal diberikan pembinaan secara maksimal agar memberikan hasil terbaik pada tingkat nasional,’’ kata Yuyu penggemar sepakbola, futsal dan aerobic ini.

Dengan terpilihnya enam tervbaik seleksi Pepelingasih Kalsel, ditetapkan siapa menang terpilih akan mewakili Kalsel untuk tingkat nasional, harapan kita kedepan pemuda peduli lingkungan bertambah berkembang mendorong generasi muda lebih proaktif pada masalah lingkungan, pungkas Yuyu Rahmat yang didampingi panitia pelaksana M Nasir.

Para peserta ini diseleksi oleh dewan juri dari Komunitas Pelestari Lingkungan, mulai dari Sahabat Bakantan, Walhi, Kaukus, hingga Dinas Lingkungan Hidup.

Seleksi Pepelingasih Tingkat Provinsi Kalsel ditutup Kabid Pemberdayaan Pemuda, Yuyu Rahmat atas nama Kadispora H Hermansyah. diakhiri dengan penyematam selempang pemenang. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...