Ditetapkan Status Siaga Darurat Corona

Kandangan, KP – Mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah Hulu Sungai Selatan (HSS), dibentuk Satuan Gugus Tugas covid-19. Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) HSS Muhammad Noor ditunjuk menjadi ketua satuan tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS, menyelenggarakan rapat kordinasi percepatan penanganan covid-19, Selasa (17/3/2020) di aula Ramu Setdakab HSS.

Rapat dipimpin Bupati HSS Achmad Fikry, didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad.

Rapat tersebut juga diikuti Dandim 1003 Kandangan Letkol Armed Dedy Soehartono, Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan, Para Kepala OPD dan Camat se HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, rapat itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia (RI), Minggu tertanggal 16 Maret 2020 di Istana Bogor, dan surat edaran dari Gubernur Kalsel untuk menyikapi Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 1.200
Loading...

Dalam arahan tersebut, daerah diberi kewenangan untuk menetapkan status daerah. Achmad Fikry mengatakan, penetapan status terkait isu corona sangat tergantung dengan kondisi daerah. Di Kabupaten HSS terangnya, saat ini belum ada ditemukan kasus positif corona. Namun tuturnya, harus tetap waspada.

Berdasarkan pertimbangan dari Dinas Kesehatan, Bupati memutuskan bahwa status Kabupaten HSS saat ini adalah “siaga darurat”, yakni sama dengan status Provinsi Kalsel.

“Sudah dikeluarkan surat edaran kepada masyarakat, disertai dengan sosialisasi yang disampaikan melalui media sosial maupun jaringan TV kabel terkait virus Corona, agar masyarakat tahu dan mengambil langkah-langkah antisipasi untuk virus ini,” ungkapnya.

Bupati juga meminta jajaran Dinas Kesehatan agar lini-lini terdepannya baik Puskesmas, Poskesdes dan lainnya bisa lebih cepat memberikan informasi apabila patut diduga ada ditemukan kasus corona.

Sekdakab HSS Muhammad Noor mengatakan, setelah ditunjuk itu ia akan segera mengambil langkah dengan menyelesaikan surat keputusan (SK). “Saya juga merencanakan untuk membikin data center untuk perkembangan status di HSS,” ucapnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya