Ketua DPRD Apresiasi Penanganan Stuting di Balangan

Paringin, KP – Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan mengapresiasi penanganan stunting yang dilakukan Desa Timbun Tulang kecamatan Batumandi, belum lama tadi. Kegiatan tersebut dengan pengalokasian dana desa tahun 2020.

Fauzan sapaan akrab Ketua DPRD Balangan mengatakan, hal itu juga merupakan langkah cepat pemerintah daerah untuk melakukan upaya dalam perbaikan pertumbuhan gizi pada anak, agar tak ada lagi anak yang kekurangan gizi hingga mengganggu pertumbuhan tubuhnya.

“Ini merupakan langkah yang sangat baik sekali. Sebab masyarakat dari kalangan orangtua tak mengerti dalam memberikan gizi yang cukup untuk anaknya. Tanpa ada pembinaan dari daerah, tentu kondisi ini tidak akan berubah,” katanya di sela menghadiri launching penanganan stunting di Desa Timbun Tulang, belum lama tadi.

Menurut Fauzan, anak merupakan generasi yang harus bisa dijaga bersama, karena masa depan bangsa adalah milik mereka. Jadi mulai sekarang, jika kita ingin memberikan yang terbaik ke mereka harus dibangun sedini mungkin. Dengan memerhatikan tumbuh kembang serta asupan gizinya.

Berita Lainnya
1 dari 1.232
Loading...

Ia juga mengimbau kepada pemerintah desa yang ada di Kabupaten Balangan agar memerhatikan warganya. Apabila ada warga yang tidak mampu dan perlu bantuan, maka pemerintah wajib hadir membantu dengan memberikan makanan tambahan serta upaya lainnya.

Ditekankannya, pemerintah desa juga harus terbuka tentang masalah yang dihadapi. Jika di desanya ada penderita stunting, maka harus disampaikan kepada pemerintah kabupaten maupun DPRD. “Hal ini nantinya akan kita selesaikan bersama-sama demi terwujudnya SDM Balangan yang sehat jasmani dan rohani,” imbuhnya.

Sementara, Kepala DPMD provinsi Kalsel Zulkipli yang menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan stunting ini sangat bagus sekali digelar, karena stunting mejadi perhatian serius bersama.

“Kenapa menjadi perhatian serius karena 10 ataupun 20 tahun yang akan datang kualitas sumber daya manusia tidak akan terlihat secara jelas,” ujarnya.

Disebutkannya, untuk mencegah stunting, konsumsi protein sangat mempengaruhi pertambahan tinggi dan berat badan anak di atas 6 bulan. Anak yang mendapat asupan protein 15 persen dari total asupan kalori yang dibutuhkan terbukti memiliki badan lebih tinggi dibanding anak dengan asupan protein 7,5 persen dari total asupan kalori. Anak usia 6 sampai 12 bulan dianjurkan mengonsumsi protein harian sebanyak 1,2 g/kg berat badan. Sementara anak usia 1–3 tahun membutuhkan protein harian sebesar 1,05 g/kg berat badan. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya