Pemko Banjarbaru Atur Anggarannya Demi Penanganan Covid-19

Banjarbaru, KP – Upaya pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19, terus dilakukan Pemko Banjarbaru dari segala sisi. Salah satunya lewat pengaturan kembali anggaran.

”Pemko Banjarbaru kini memetakan kebutuhan anggaran dalam upaya menghadapi pandemi virus corona,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jainudin, kemarin.

Dikatakannya, pemerintah pusat sudah memberikan instruksi dalam kesiapan anggaran menghadapi pandemi virus corona di level daerah melalui DAK (Dana Alokasi Khusus). Hal itu juga tertera melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan No. HK.01.07/Menkes/215/2020 tentang Pemanfaatan DAK Bidang Kesehatan untuk penanganan Covid-19.

”Surat edaran sudah kita terima, jadi disusun skema anggarannya. Rapat dengan dinas teknis, yakni Dinas Kesehatan serta RSD Idaman Banjarbaru sudah pula dilakukan,” ujar Jainudin.

Berita Lainnya

Pjs Walikota Ajak Edukasi Masyarakat

Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

1 dari 1.199
Loading...

Disamping DAK, sambung Jainudin, anggaran darurat penanganan Corona juga bisa bersumber dari DAU (Dana Alokasi Umum), Dana Insentif Daerah (DID) serta dana tidak terduga.

”Dalam pengelolaan anggaran terkait virus Corona ini harus berlandaskan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK),” tandasnya.

Bisa juga dipakai PMK No 19/PMK.07/2020 tentang penyaluran DBH (Dana Bagi Hasil), DAU, DID Tahun Anggaran 2020 dalam rangka penanggulangan Covid-19 ini. Hal ini sudah pula sampaikan dan rapat dengan gugus tugas,” katanya.

Seperti diketahui, anggaran Rp 16,7 miliar akhirnya disiapkan Pemko Banjarbaru guna penanganan Corona. Anggaran sebesar ini diperuntukkan untuk Dinas Kesehatan dan RSD Idaman Kota Banjarbaru yang memang bersentuhan langsung dengan penanganan covid-19 di Kota Idaman.

“Untuk Dinkes anggarannya Rp 1,5 miliar dan RSUD Idaman Rp 15,2 miliar,” kata Ketua Gugus Tugas, Sekda Said Abdullah saat jumpa pers. (Wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya