Penyuluh Pertanian Bartim Harus Mampu Berkoordinasi Lintas Sektoral

Tamiang Layang ,KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengharapkan para penyuluh pertanian mampu berkoordinasi secara lintas sektoral dengan dinas lnstansi terkait untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Selain itu, penyuluh juga menyampaikan proses pengaplikasian teknologi pertanian sesuai dengan kebutuhan petani, sesuai spesifik lokalita dan ramah lingkungan,” kata Ampera AY Mebas saat membuka pertemuan teknis penyuluh pertanian tingkat kabupaten Bartim tahun 2020 di Ampah Kecamatan Dusun Tengah, Kamis ( 12/3 )

Menurut Bupati Bartim, dengan teknologi yang disuluhkan secara teknis dapat dilaksanakan secara ekonomi menguntungkan, serta secara sosial tidak bertentangan dengan tatanan budaya dan norma-norma di masyarakat setempat.

Penyuluh juga memotivasi petani untuk mau dan mampu serta bisa melaksanakan teknologi pertanian yang dianjurkan, sehingga mereka dapat menolong diri sendiri bahkan menjadi mandiri dan sejahtera untuk terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berkualitas, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha.

Berita Lainnya
1 dari 485
Loading...

Untuk itu, penyuluh pertanian dituntut mengembangkan kemampuan sumber daya manusia melalui karya dan pengabdiannya, baik sebagai fasilitator, pelayan petani, pendorong berkembangnya ekonomi pedesaan ,disiplin serta jujur, profesional dan bertanggung jawab

Pembangunan SDM penyuluh pertanian merupakan pilar penting dalam mendukung pembangunan di sektor pertanian, terutama menyangkut masa depan penyuluh, motivasi dan kinerja, pendidikan dan latihan serta penghargaan dan aktualisasi diri, sehingga dapat menumbuh kembangkan penyuluh yang profesional, mempunyai jati diri, berkemampuan maksimal, mampu bersaing dan mandiri.

Dijelaskan Ampera, pembangunan pertanian saat ini harus bisa membuat petani maju, mandiri dan modern untuk mendukung penuh program kementerian pertanian bahwa pusat kegiatan pembangunan pertanian ada di kecamatan dengan keberadaan Komando Stategis Pertanian ( Kostratani )

Peran penyuluh dan petani milenial diharapkan mampu mensukseskan Program Kostratani. Peraturan Menteri Pertanian nomor 67/Permentan/SM.050/12/2016 tentang kelembagaan petani. Pendampingan penyuluh merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan kunjungan penyuluh yang dilakukan secara intensif ke kelompok tani

“Untuk menumbuhkan penyuluh yang profesional tersebut diperlukan pelayanan yang baik, sebagaimana arah revitalisasi pembangunan pertanian yaitu penataan kelembagaan petani, penyediaan sarana prasarana dan ketenagaan serta pembiayaan dana yang cukup memadai,” kata Ampera. (vna/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya