Puluhan ASN Tenaga Pendidik di Balangan Dibekali Motivasi Jelang Purna Tugas

 

Paringin, KP – Pemkab Balangan melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) setempat mempersiapkan mental para aparatur sipil negara (ASN) tenaga pendidik yang telah mendekati purna tugas.

Puluhan ASN tenaga pendidik yang telah mendekati purna tugas tersebut dibekali dengan praktek pembuatan kolam ikan sistem bloflok, bertempat di sekretariat de’papuyu farm Banjarbaru, belum lama tadi.

Kepala BKPPD Balangan Sufriannor mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk memotivasi pegawai (guru, red) yang memasuki usia pensiun agar tetap bersemangat dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Meski sudah hampir pensiun, kualitas kerja harus tetap dijaga. Jangan asal-asalan. Maka, pembekalan seperti ini perlu agar semangat mereka tidak kendor untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, pembekalan tersebut juga untuk mempersiapkan mental ASN yang akan purna bakti pada tahun 2020.

“Banyak pegawai yang belum siap mental saat pensiun. Tak sedikit juga yang mengalami post power syndrome karena tidak lagi dihormati dan disegani seperti saat dia menjabat dulu. Akhirnya malah jadi sakit-sakitan. Saya tidak ingin ASN kita mengalami hal ini. Nah, lewat kegiatan ini kami ingin membuka wawasan mereka bahwa usia pensiun bukan halangan untuk tetap berkarya. Mereka tetap bisa berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.444

Ditambahkannya, ada banyak hal yang masih bisa dilakukan setelah pensiun, misalnya berwirausaha seperti beternak ikan.

“Masa pensiun bukan akhir dari segalanya, justru ini adalah awal dari keberhasilan berikutnya. Jangan terjebak post power syndrome,” imbuhnya.

Akhyar Kepsek SDM Muarajaya menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah Balangan yang menyelenggarakan bimtek seperti ini.

“Kegiatan seperti ini sangat membantu sekali bagi para ASN yang sudah purna tugas. Mudah mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut, bukan sebatas kami saja,” harapnya.

Begitu juga dengan Sufinah guru SDM Maradap mengatakan, dengan adanya kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi para ASN yang akan purna tugas.

“Karena pada massa pensiun itu gaji berkurang, jadi dengan adanya keahlian seperti beternak (pembibitan, red) ikan seperti ini nantinya bisa menambah penghasilan,” imbuhnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemkab Balangan melalui BKPPD yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek seperti ini,” pungkasnya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya